Survei Alvara

PDIP No 1, Gerindra Salip PD dan Golkar

net

JAKARTA - Mendekati Pemilu 2014 semakin banyak lembaga survei yang merilis elektabilitas parpol. Survei yang dirilis lembaga survei Alvara menempatkan PDIP sebagai pemuncak klasemen disusul Gerindra, Golkar, dan Partai Demokrat (PD).

PDIP yang meraih 14,8% suara memuncaki survei parpol ditempel tipis oleh kuda hitam Partai Gerindra (12,55). Survei ini dipublikasikan oleh Founder dan CEO Alvara, Hasanudin Ali, di Restoran Bumbu Desa, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2013)

Survei dilakukan pada 15 Juli-23 Agustus 2013 dengan 1.532 responden di 6 kota besar di Indonesia. Survei ini menggunakan metode stratified random sampling, dengan usia responden 20-54 tahun. Responden dipilih dari kalangan kelas menengah yang memiliki pekerjaan dengan pengeluaran keluarga di atas Rp4 juta.

"PDIP unggul di semua kelompok umur, proses regenerasi di PDIP dapat diterima publik. Untuk Partai Demokrat paling tinggi di pemilih usia mapan. Partai berbasis nasionalis masih menempati peringkat atas," kata Ali menyampaikan kesimpulan surveinya. (rep1)