Riau Raya

Pelajari Dulu yang Satu Ini Kalau Mau Lulus CPNS

JAKARTA - Mendaftarkan diri menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tidak hanya mempelajari tes kompetensi dasar (TKD) dan psikotes saja. Di mana kedua tes tersebut pada dasarnya tidak perlu dipelajari karena merupakan sebuah bakat dan minat seseorang.
 
Akan tetapi, selain kedua tes tersebut, ada juga tes yang tidak mengandalkan diri dan harus belajar, yaitu Tes Pengetahuan Umum (TPU). Apa sih itu?
 
TPU merupakan sebuah tes yang bertujuan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam hal wawasan yang bersifat umum, seperti wawasan sejarah, wawasan pemerintahan tata negara, dan lain-lain. Tes TPU ini salah satu tes yang diujikan dalam tes CPNS.
 
Nah, untuk mempersiapkan semuanya sebelum mengikuti TPU, kita harus banyak belajar dan harus bisa menguasai pengetahuan mengenai Kementerian atau Lembaga (K/L) yang dilamarnya.
 
Educational Psychologist Irene Guntur, M.Psi., Psi., CGA mengatakan, untuk mengikuti TPU seseorang harus belajar, karena TPU tidak seperti tes-tes lainnya yang hanya mengandalkan kemampuan dari diri sendiri.
 
"TPU harus belajar, karena pengetahuan umum itu tergantung PNS-nya mau ambil di Kementerian atau Lembaga mana. Misalnya mau di Kementerian Keuangan (Kemenkeu), pasti harus baca-baca, mungkin tentang keuangan, tentang menteri. Jadi berkaitan dengan umum, itu harus belajar, kalau TKD tidak bisa dipelajari," ujar Irene.
 
Lain Kemenkeu, lain pula menjadi CPNS di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Menurut Irene, di Kemendikbud harus belajar tentang kebudayaan di Indonesia, kebudayaan yang sedang menonjol apa. "Misalnya event yang terakhir ini ada Miss World. Nah itu harus tahu diadakan di mana, berapa pesertanya," ucapnya.
 
Dengan demikian, pertanyaan-pertanyaan yang biasanya diajukan pada saat TPU, yakni meliputi pertanyaan yang umum, bisa kalian jawab dengan mudah.
 
"TPU biasanya ditanya tentang umumnya, kejadian yang baru atau misalnya kurang lebih meliputi hal yang mau kita laksanakan nantinya waktu jadi PNS," ungkapnya.
 
Nah, sudah siapkah kalian jika dipanggil mengikuti tes CPNS? So, selamat belajar! (rep03)