Fokus Rohil

BKP Rohil akan Kembangkan Program RPL

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kabupaten Rohil, Drs H Surya Arfan M Si

BAGANSIAPIAPI - Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) berencana mengembangkan program Rumah Pangan Lestari (RPL) untuk seluruh daerah. Belakangan, program ini kurang berjalan dengan baik karena minimnya sosialisasi.

Sebab, keberadaan RPL tersebut sangat perlu dikembangkan di semua daerah yang ada di Rohil. Karena, program RPL tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat terutama dalam menekan tingginya dana yang dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan pokok.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kabupaten Rohil, Drs H Surya Arfan M Si, Selasa (10/9/2013).

"Kita melihat, keberadaan RPL itu jelas sangat bermanfaat bagi masyarakat. Dimana, masyarakat yang ingin mendapatkan sayur-sayuran maupun bumbu dapur serta tanaman obat-obatan keluarga tinggal dipetik di perkarangan rumah. Sedangkan untuk mendapatkan ikan tinggal dipancing di kolam yang juga ada di perkarangan. Inilah salah satu bentuk program RPL itu. Dan kita melihat, program RPL ini jelas sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat terutama dalam mengurangi tingginya dana belanja rumah tangga," terang Surya Arfan.

Mengingat keberadannya sangat berguna dan berdampak langsung bagi masyarakat, tambah Surya Arfan, maka program RPL yang telah dilaksanakan di semua daerah tersebut sangat perlu untuk terus ditingkatkan lagi. Karena, masih ada beberapa daerah yang ada di wilayah Kabupaten Rohil tersebut yang belum tersentuh program RPL.

Salah satu diantaranya yakni daerah-daerah yang berada di pesisir pantai. "Kita sudah lihat kegiatan RPL itu di Kecamatan Rimba Melintang. Dan kita mengharapkan program ini dapat terus ditingkatkan lagi," kata Surya Arfan menyarankan.

Sementara, sejumlah daerah yang sudah melaksanakan program RPL umumnya berada di daerah-daerah sentra produksi pertanian tanaman pangan dan umumnya masih sedikit. Daerah yang sudah ada kegiatan RPL tersebut diantaranya berada di sebagian daerah Kecamatan Rimba Melintang, Kecamatan Batu Hampar, Kecamatan Pekaitan dan Kecamatan Kubu. Mengingat keberadaan RPL sangat membantu masyarakat, maka sangat perlu untuk dikembangkan di sejumlah daerah pesisir pantai yang ada di wilayah Rohil. (rep1)