Fokus Rohil

2 CJH Rohil Gagal Berangkat Haji

BAGANSIAPIAPI - Sebanyak 2 orang Calon Jamaah Haji (CJH) asal Rokan Hilir tahun 2013 ini gagal berangkat ke tanah suci mekah, karna ke 2 CJH yang sudah lama menunggu berangkat haji tahun ini mengalami sakit yang cukup berat. sehingga mengakibatkan tidak bisanya berangkat haji, Namun harus dilakukan perawatan terlebih dahulu. 

"Tahun ini untuk CJH Rohil dua orang gagal berangkat, karna mengalami penyakit berat yaitu strok, sehingga tim dokter keberangkatan haji memutuskan untuk tidak mengizinkan mereka berangkat,"ujar Kepala Kemenag Rohil, H. Agustiar. Kepada Rohilonline Selasa (10/9) di Bagansiapiapi.

Menurutnya, ke 2 CJH yang gagal berangkat tersebut jamaah yang berasal dari Kecamatan Pujud dan Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, sehingga ke 2 JCH hurus rela menunggu keberangkatan tahun depan dengan syarat harus sehat total,"kebarangkatan CJH Rohil ini akan di bagi menjadi enam rayon, dan akan berangkat pada kloter 9 dengan CJH dari Kabupaten Bengkalis dan Kota Pekanbaru,"tutur Agustiar.

Dari jumlah ke tiga daerah tersebut, Tambahny, antara lain untuk CJH Rohil berjumlah 119 orang, untuk Pekanbaru berjumlah 19 orang dan untuk CJH Kabupaten Bengkalis berjumlah 59 orang,"jadi total seluruhnya berjumlah 197 jamaah dan berngkat bersama pada kloter 9,"tegas Agustiar.   

Lanjutnya, CJH Rohil akan berangkat dari Rohil pada tanggal 16 September dan menginap semalam di Pekanbaru, kemudian dari Pekanbaru akan berangkat ke embarkasi Batam pada tanggal 17 September, di lanjutkan pada 18 September baru bertolak ke tanah suci mereka,"sebelum berangkat semua persiapan CJH Rohil sudah selesai, mulai dokumen dan surat-surat perjalanan lainnya sudah siap, hanya jamaah hanya di bolehkan membawa bekal atau peralatan seberat 32 kg. Hal tersebut sudah ketentuan dari Dirjen Haji Kementerian Agama RI,"timbal Agustiar. 

Kepada CJH yang belum bisa berangkat tahun ini supaya dapat bersabar dan menunggu tahun depan, karna aturan pemerintah Indonesia bersama Pemerintah Arab Saudi Arabia untuk JCH di potong sebanyak 20 persen, sehingga berpengaruh kepada jumlah keberangkatan Haji di daerah,"saya mengaharapkan yang tidak bbisa beranngkat haji tahun ini agar bersabar, karna tahun depan jumlaj CjH Rohil akan di upaya di tingkatkan menjadi 300 jamaah yang akan berangkat,"kata Agustiar. (rep7)