Fokus Rohil

30.547 Siswa Rohil Ikuti UN 2013

BAGANSIAPIAPI - Dinas Pendidikan (Disdik) Rokan Hilir mengatakan sebanyak 30.547 siswa jenjang SD, SMP, SMA sederajat mengikuti Ujian Nasional (UN) 2013. Pihaknya menargetkan hasil UN tahun ini sama seperti sebelumnya.     

“Kita tidak menargetkan dalam bentuk persentase namun paling tidak, minimal sama seperti tahun sebelumnya. Lalau bisa harapan kita  bisa lulus semuanya,” ujar Kepala Disdik Rohil, H Drs Surya Arfan MSi, Sabtu (6/4), di Bagansiapiapi.

Tahun ini, menurutnya, ada peningkatan khusus untuk tingkat SMA. Dimana tahun sebelumnya berjumlah enam ribu lebih sementara tahun ini mencapai 7.344 siswa. Begitu juga dengan tingkat SMP dan SD.

Surya Arfan menambahkan, tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana hanya 5 paket soal, namun tahun ini mencapai soalnya satu sama lain berbeda. Dengan kata lain, dalam satu ruangan tidak ada soal yang sama, sehingga semua murni hasil kerja keras dari siswa dalam menjawab soal.

“Kita memang agak khawatir dengan sistem sekarang, namun ini menjadi motivasi kita ke depan dimana menambah semangat belajar seluruh siswa. Ini juga menandakan tolok ukur hasil belajar mengajar selama ini,” kata Surya.

Sejauh ini, Disdik dan pihak sekolah sudah melakukan berbagai upaya jauh hari untuk meminta seluruh sekolah melakukan terobosan dan jam tambahan belajar, untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi UN yang hanya tinggal hitungan hari.

“UN tinggal menghitung hari. Apalagi SMA hanya kurang dari 20 hari lagi, sehingga persiapan yang selama ini kita lakukan sudah matang dan siap menghadapi Un mendatang,” jelas  Surya.

Rincian jumlah siswa yang akan ikut UN di Rohil, SD/MI 13.280 dari 397 sekolah, SMP/MTS 9.923 dari 178 sekolah, dan SMA/MA/SMK 7.344 dari 103 sekolah. (jonathan).