Politik

Pemilukada Inhil: Wardan Tetap tak Terkejar

TEMBILAHAN-Sampai Kamis (5/9), perolehan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Indragiri Hilir (Inhil) yang bersamaan dengan pemilihan Gubernur Riau, terlihat tidak ada perubahan signifikan. Pasangan Wardan dan Rosman Malomo masih unggul dengan 37,09 persen.

Dari data yang disampaikan Desk Pilkada Pemkab Inhil, Kamis (5/9) mantan Kepala Dinas Pendidikan Inhil tersebut mendominasi perolehan suara pada beberapa kecamatan, khususnya kecamatan Reteh, Keritang, Sungai Batang dan Kemuning.

Wardan yang berpasangan dengan Rosman Malomo (Warohmah) yang juga Wakil Bupati Inhil periode 2009-2013 unggul perolehan suara sementara sebanyak 107.321 suara, disusul pasangan Edy Syafwannur dan Agussalim (Cerdas) dengan perolehan suara 80. 550 suara (27, 84 persen).

Sedangkan pasangan pengusaha H Syamsudin Uti dan Muslimin menempati urutan ketiga dengan selisih tipis dari pasangan Cerdas dengan perolehan suara 79. 660 (27,53 persen). Dan pasangan Zainal Abidin dengan Said Ismail pada urutan keempat dengan 21. 884 suara (7, 55 persen).

“Sampai Kamis sore (5/9), perolehan suara yang masuk pada desk Pilkada Inhil tidak jauh berobah, pasangan Warohmah masih unggul sekitar 10 persen dari pasangan Cerdas, “ ungkap Sirajuddin, petugas desk pilkada Inhil di Tembilahan, Kamis (5/9).

Sirajuddin menjelaskan bahwa untuk perolehan suara Pilgubri di Inhil, pasangan Lukman Edi dan Suryadi Khusaini unggul mutlak dengan 40, 99 persen (105. 198 suara) disusul pasangan Ahmad dan Masrul dengan 21, 98 persen (56. 400 suara).

Sedangkan berikutnya ada pasangan Hermasn dan Agus dengan 13, 97 persen (35. 859 suara). Pasangan Anas dan Andi dengan 13, 55 persen (34. 767 suara) dan yang terakhir adalah pasangan Jon Erizal dan Mambang Mit dengan 9, 52 persen (24. 430 suara).

Menyikapi hasil sementara Pilgubri dan Pilbup Inhil yang dinilai berjalan lancer dan aman, diminta untuk tetap dipertahankan sampai adanya keputusan resmi dari KPU untuk kepetingan bersama.

"Saya rasa Pilgubri dan Pilbup Inhil sudah berjalan sesuai dengan ketentuan, lancar, aman dan demokratis. Tentu kita harus iklas menerima apapun hasilnya," ujar Sekdakab Inhil, H Alimuddin RM.

Lebih lanjut ia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk bisa menghormati setiap tahapan pemilihan dan bisa berlapang dada menerima apapun keputusan akhirnya yang diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Pelaksanaan Pilgubri dan pilbup Inhil sudah berjalan lancar sesuai harapan, kita berharap selanjutnya juga begitu sampai akhir. Mari, kita semua menghormati dan menerima apapun hasil resminya," ajaknya. (rep05/mtr)