Fokus Rohil

Senin Pekan Depan, JCH Rohil Jalani Manasik Haji

ilustrasi

BAGANSIAPIAPI - Dijadwalkan, Senin-Kamis (9-12/9) mendatang, seluruh Jemaah Calon Haji(JCH) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) akan menjalani manasik haji. Tetapi, sebelum melangsungkan manasik, para JCH terlebih dahulu melakoni chek in di hotel yang telah disiapkan di Bagansiapiapi.

Hal ini disampaikan Kabag Kesra Setdakab Rohil, H Basarudin, Kamis (5/9/2013). Manasik haji yang berlangsung selama empat hari itu diharapkan dapat dimanfaatkan oleh JCH sebelum berangkat ke tanah suci.

"Sebelum manasik dilakukan, JCH yang dipastikan berangkat tahun ini wajib check in di hotel yang ditunjuk sehari sebelumnya. Ini bertujuan agar lebih tertib," sebut H Basarudin.

Menurutnya, kegiatan manasik haji yang di gelar Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir ini sama seperti tahun-tahun sebelumnya, meliputi, pembekalan teori dan praktek kepada para JCH tentang tata cara berhaji yang benar.

"Kegiatan manasik yang di adakan meliputi kegiatan teori yang menyampaikan segala sesuatu tentang persiapan pelaksanaan haji selama berada di Mekah maupun Madinah yang disampaikan oleh tutor yang telah berpengalaman. Mereka juga akan di berikan bimbingan praktek langsung di lapangan layaknya serangkaian kegiatan seperti lontar jumrah, thawaf, wukuf, sa'i serta aktivitas rutin lainnya selama mengikuti ibadah haji di tanah suci," jelas Basarudin.

Ia menambahkan, pendataan awal JCH Rohil yang akan menunaikan ibadah haji tahun ini berjumlah 209 orang, namun jika ada penambahan kuota, sampai saat ini ia belum bisa memastikan. "Kita masih menunggu dari pusat apakah ada penambahan kuota," timpalnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakanmenag) Kabupaten Rokan Hilir, H Agustiar, S Ag  menyebutkan, segala persiapan tentang jadwal, persiapan koper, dokumen administrasi hingga pemeriksaan kesehatan JCH saat ini sudah matang. Menurutnya, panitia keberangkatan JCH Rohil tinggal melakukan persiapan teknis pemberangkatan dari Bagansiapiapi ke kota Pekanbaru untuk diteruskan ke Embarkasi Batam hingga Madinah serta Mekkah.

Pada musim haji tahun 2013, sebanyak 209 orang JCH dijadwalkan berangkat, Senin, 16 September 2013 mendatang, bertolak dari Rokan Hilir menuju Pekanbaru. Sampai di Pekanbaru menginap satu malam, kemudian keesokan harinya kembali melanjutkan perjalanan ke Embarkasi Batam.

Menurut H Agustiar, mulai dari persiapan yang dianggap kecil hingga besar, Insya Allah telah berjalan dengan baik. "JCH Rohil tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 9 bersama JCH asal Pekanbaru sebanyak 59 orang dan Kabupaten Bengkalis sebanyak 177 orang. Jadi total JCH yang berangkat di kloter 9 sebanyak 445 orang," rincinya. (rep1)