Fokus Rohil

Harga Sembako di Rohil Mulai Turun

UJUNG TANJUNG - Harga kebutuhan pokok mulai mengalami penurunan di sejumlah pasar tradisional Ujung Tanjung, Kecamatan Tanah Putih. Penurunan harga itu dirasakan terhadap cabai merah, bawang merah dan bawang putih. Komoditi lainnya juga mengalami hal sama seperti harga ikan dan ayam.

Hal ini diungkapkan salah satu pedagang sembako di pasar Ujung Tanjung, Heri (31). "Lima hari sebelumnya harga cabai masih Rp40 ribu per kilogram, pada Selasa (3/9/2013) lalu sudah turun menjadi Rp25 ribu per kilogram. Bawang merah asal Jawa juga turun dari Rp35 ribu per kilogram menjadi Rp30 ribu per kilogram. Dan, bawang putih turun harga dari Rp22 ribu menjadi Rp19 ribu per kilogram. Penurunan harga juga tergantung pasokan. Jika pasokan banyak, penurunan harga bisa dipastikan berlanjut," rincinya, Kamis (5/9/2013).

Dikatakan Heri, turunnya harga-harga kbeutuhan pasca Lebaran diprediksi akan terjadi hingga akhir tahun. Hal ini diakibatkan permintaan dari masyarakat juga sudah normal. "Turunnya harga memang pasti terjadi setelah Lebaran, tetapi untuk tahun ini lumayan cepat penurunannya, mungkin karena pembeli sepi, stok sembako juga masih banyak," timpalnya.

Di samping, sebutnya, harga komoditi lainnya memang ada yang mengalami kenaikan seperti kentang asal Bukit Tinggi (Sumatera Barat), naik dari Rp6 ribu per kilogram menjadi Rp9 ribu per kilogram. "Kentang ini kualitasnnya memang lebih bagus dari yang lain," katanya. ?

Ditempat terpisah, pedagang ayam, Dasril, mengatakan, harga ayam potong masih Rp25 ribu per kilogram. "Harga ayam potong tidak naik ataupun turun. Waktu Ramadhan kemarin harganya juga Rp25 ribu per kilogram. Permintaan pun masih normal," ujar Dasril, pedagang ayam keliling ini. (rep1)