Fokus Rohil

Warga Rohil Diminta Jaga Pola Hidup Bersih!

ilustrasi

BAGANSIAPIAPI - Memasuki musim penghujan, warga Kabupaten Rohil diminta untuk menjaga pola hidup bersih agar terhindar dari berbagai penyakit musiman. Terlebih, khusus warga Bagansiapiapi juga diminta untuk menggalakkan gotong royong agar sumber penyakit dapt disingkirkan.

Imbauan ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Rokan Hilir, dr HM Junaidi Saleh M Kes, Kamis (5/9/2013) di Bagansiapiapi. Menurutnya, warga harus membiasakan pola hidup bersih diawali dengan menjaga kebersihan lingkunganya.

"Dengan membiasakan pola hidup bersih, kita bisa senantiasa membersihkan perkarangan rumah, maka jentik nyamuk akan sulit untuk berkembang biak. Sehingga penyakitpun tidak tertular kepada tubuh," tegasnya.

"Pada saat ini, cuaca agak sedikit hujan. Kondisi seperti ini akan berdampak pada masyarakat terutama sumber penyakit demam berdarah dan lainnya. Salah satunya akan timbul penyakit seperti DBD. Harapa kami, untuk langkah antisipasi masyarakat harus menjaga lingkungan bersih dan sehat dimasa musim hujan ini, jadi jika ada sampah bersihkan, sehingga tak ada kesempatan nyamuk berkembang biak," jelasnya.

Disamping itu, menurut Junaidi, banjir biasanya juga akan datang kala musim penghujan seperti akhir-akhir ini. "Konsepnya sama, prilaku hidup bersih maka kita akan sehat. Mencegah lebih baik dari pada mengobati," timpalnya. (rep1)