Sosialita

Lulus SMA Bisa Kok Ngelamar di Kemenkeu

JAKARTA - Tiga hari lagi, pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)) dibuka. Kalau kalian hanya lulusan sekolah menengah, jangan minder! Coba saja dulu.

Nah, kalian yang lulusan SMK Umum, SMK Pelayaran, Diploma Umum, Diploma Pelayaran bahkan sampai sarjana, yang tertarik bekerja di Kementerian atau Lembaga (K/L) yang bernaung di bawah pemerintah, bisa ngelamar di sini. Contohnya di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang membuka rekrutmen CPNS untuk tahun Anggaran 2013.

Dinukil dari laman Setkab, Selasa (3/9/2013), pada tahun ini, Kemenkeu merekrut untuk menjaring 2.909 pegawai baru dari jalur umum untuk memenuhi kekurangan Sumber Daya mmanusia (SDM) di 10 unit eselon I.

Dengan kuota sebanyak 2.909 rekrutmen, pasti para pelamar berbondong-bondong untuk memperebutkan kursi sebagai PNS. Sekadar diketahui, banyak lulusan SMA/SMK ataupun sarjana yang berminat bekerja di pemerintahan.

Tapi, bagaimana ya cara pendaftarannya? Caranya gampang, pendaftaran akan dimulai pada 6 September hingga 20 September 2013. Kalian hanya bisa mendaftar secara online, sehingga pelamar harus cermat dengan membaca petunjuk pendaftaran secara online.

Setelah itu, menggunggah berkas-berkas, seperti file hasil scan ijazah berjenis PDF file dengan ukuran maksimal 300 kB (kilobyte). Kemudian file hasil scan transkrip nilai berjenis PDF file dengan ukuran maksimal 300 kb.

Tidak hanya itu saja, file hasil scan Sertifikat ANT/ATT III (KP 08 dan 09) /ANT/ATT IV (KP 15 dan 16 dengan usia di atas 26 hingga 30 tahun) berjenis PDF file dengan ukuran maksimal 300 kB (kilobyte), lalu ijazah asli, transkrip asli dan Sertifikat ANT/ATT asli wajib dibawa pada saat Pengambilan Tanda Peserta Ujian (TPU).

Pelamar yang telah melakukan pendaftaran secara online agar mengunduh (download) dan mencetak Tanda Bukti Pendaftaran. Untuk informasi lebih lanjut, kalian bisa langsung membuka situs resmi melalui website http://rekrutmen.kemenkeu.go.id. Ayo, buruan daftar! (rep1)