Fokus Rohil

Diskes Rohil Pastikan JCH Divaksin

ilustrasi

BAGANSIAPIAPI - Jelang keberangkatan Jemaah Calon Haji (CH) ke tanah suci, berbagai persiapan telah dilakukan sejumlah instansi terkait, termasuk Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Rohil. Dimana, Diskes memaspastikan semua JCH mendapatkan vaksin maningitis sebelum diberangkatkan.

''Memberikan vaksin maningitis ini sangat diharuskan. Malahan, yang tidak mendapatkan vaksik maningitis ditunda keberangkatannya ke tanah suci,'' kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rohil, dr H Muhammad Junaidi Saleh M Kes, Selasa (3/9/2013).

Dari laporan yag didapatkan, tambah Junaidi, ternyata masih ada beberapa JCH Kabupaten Rohil yang belum mendapatkan vaksin maningitis. ''Saya lupa berapa angkanya tapi yang jelas ada beberapa orang saja yang belum mendapatkan vaksin. Apa penyebabnya, saya tidak dapat mengetahui secara mendetail. Dan yang belum belum mendapatkan vaksin itu kondisinya terus dipantau. Nanti saat kegiatan manasik atau ketika berada di embarkasih Batam, maka yang belum segera mendapatkan vaksin. Artinya, masih ada waktu yang bagi belum untuk mendapatkan vaksin,'' terang Junaidi.

Sementara, rombongan JCH Kabupaten Rohil yang berasal dari limabelas kecamatan berjumlah sebanyak 209 orang dan direncanakan berangkat dari embarkasih Batam menuju ke Madinah pada tanggal 18 September 2013 mendatang. Keberangkatan JCH Rohil tersebut ke Madinah tersebut tergabung dalam kloter IX bersama JCH asal Pekanbaru dan Bengkalis.

Berkaitan dengan pelaksanaan ibadah haji di tanah suci tersebut, tambah Junaidi, para JCH Kabupaten Rohil diminta untuk dapat menjaga fisik dan stamina agar tetap dalam kesehatan. Karena, faktor kesehatan sangat diperlukan dalam melaksanakan ibadah haji di tanah suci nanti. ''Jaga kesehatan . (rep1)