Riau Raya

2013, Pemerintah Buka Lowongan 65 Ribu CPNS

JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar mengaku pihaknya menyediakan 65 ribu lowongan untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di 2013 ini.

"Menyangkut seleksi CPNS, tahun ini sama dengan tahun lalu, cuma jumlahnya lebih besar. Kalau tahun lalu 13 ribu, tahun ini 65 ribu yang pelamar umum, dan 600 ribu honor tipe K2 yang akan mengambil posisi, sekitar 200 ribu formasi untuk honorer," ungkap Azwar saat ditemui di Gedung STIK, Jakarta, Senin (2/9/2013).

Menurut Azwar, CPNS merupakan satu langkah penting. Setidaknya ada tiga hal utama setelah melakukan reformasi birokrasi dalam proses penerimaannya, yaitu rekrutmen pegawai baru CPNS, promosi jabatan secara fair, dan TI yang harus diperbaiki.

Sementara itu, terkait pelaksanaan tesnya, Azwar mengaku akan bekerja sama dengan 10 perguruan tinggi melalui Kementerian Pendidikan Nasional dengan empat kategori soal. Diprediksi ada 30 ribu bank soal yang akan diberikan dan di-skrip oleh Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg).

"Mereka juga menyiapkan pemindaian kerja sama dengan BPPT yang di Serpong untuk pemeriksaan. Jadi ada ID card untuk lembar jawaban yang memakai sistem CAT (computer assisted test) ini untuk beberapa kementerian," paparnya.

Namun untuk tingkat kabupaten/kota, umumnya masih menggunakan lembar jawaban komputer. Dengan jadwal tes pada 3 November 2013. (rep2)