Riau Raya

CPNS Data Base K2 Tahap Uji Publik

BAGANSIAPIAPI - Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Rohil mengaku sedang mempersiapkan tahapan uji publik bagi 151 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) data base K2 tahun 2005. Para peserta CPNS (K2) diberikan batas waktu hingga 16 April 2013 mendatang.

"Peserta akan mengikuti tes seperti penerimaan CPNS umum. Daftar peserta kita umumkan kepada publik, dan jika masyarakat ragu dengan kebenaran data peserta, maka mereka  dapat memberi sangahan secara tertulis, jelas dan dapat dipertanggung jawabkan," ujar Kepala BKD Rohil Roy Azlan, Jumat (5/4).

Berbeda dengan CPNS (K1) yang diangkat otomatis tanpa dilakukan tes khusus, tahapannya sedang dilakukan pemberkasan. Peserta yang masuk dalam daftar K1 dan K2 terhitung 1 Januari sampai 31 Desember 2005. "Bedanya cuma K1 tidak mengikuti tes, hanya K2 yang ikut tes, ketentuanya sudah menjadi kebijakan Mendagri," sebutnya.

Menurutnya, mengenai sistim penggajiannya juga berbeda, kalau sistim penggajian K2 dianggarkan non APBD dan APBN. Seperti guru sekolah bisa digaji dari dana BOS atau kebijakan SKPD. Sementara, sistim penggajian K1 tetap melalui APBN.

Roy menambahkan, pihaknya belum mendapatkan jadwal resmi tes CPNS, baik K2 dan umum. Mengenai peneriamaan tes umum masih memprioritaskan tenaga medis dan pendidikan. "Kita masih usulkan untuk penerimaan tes umum. Seperti tahun biasanya, kuota yang kita usulkan ribuan, tetapi tergantung kebijakan pusat jumlah yang diberikan untuk Kabupaten Rohil," ucapnya. (rep01)