Riau Raya

Pemerataan Guru Bakal Diberlakukan di Rohil

BAGANSIAPIAPI - Dinas Pendidikan (Disdik) Rokan Hilir mengakui pemerataan guru di setiap daerah belum merata.
Namun pihaknya akan terus mengupayakan pemerataan itu.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Rohil, Drs H Surya Arfan MSi, belum lama ini. Katanya, selama ini tenaga pendidik masih menumpuk di pusat perkotaan.

"Masalah pendidikan itu tidak pernah habis-habisnya. Artinya, selalu saja ada. Dan masalah penyebaran guru yang dinilai belum merata ini, sudah sangat klasik. Makanya seiring berjalannya waktu, kita benahi secara perlahan," ujarnya.

Mengingat sudah merupakan masalah klasik, tambah Surya Arfan, pihak Disdik Rohil segera mengambil langkah-langkah. Salah satu diantaranya, melakukan pembenahan dan penataan agar masalah tenaga pengajar bisa merata dan tidak terkesan menumpuk di daerah tertentu. Sehingga keberadaan tenaga pendidik di wilayah Kabupaten Rohil bisa menyebar di semua daerah.

"Pembenahan dan penataan seperti itu, bakal segera kita laksanakan. Apalagi orientasi kita saat ini adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan. Berbicara masalah mutu pendidikan itu menyangkut sejumlah aspek. Salah satunya soal guru," sambungnya.

Sementara itu, sejumlah daerah yang dianggap perlu untuk mendapatkan program pembenahan dan penataan, terutama menyangkut soal penyebaran tenaga pendidik, umumnya berada di daerah terpencil. Terlebih di sejumlah daerah yang berada di pesisir pantai, seperti Kecamatan Bangko, Kubu, Sinaboi dan Pasirlimau Kapas.

"Kita coba agar penyebaran guru itu bisa merata di semua daerah. Sehingga, pelayanan di bidang pendidikan benar-benar dapat dilakukan secara matang dan optimal," tegasnya. (rep01)