Fokus Rohil

Pemkab Rohil Salurkan Honor 3.409 Guru RA Sederajat

ilustrasi

BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) melalui Kantor Kementerian Agama (Kemenag) menyalurkan honor untuk 3.409 orang guru Raudhatul Atfal (RA), Pendidikan Diniyah Ta'miliyah Awaliyah (PDTA) dan Taman Pendidikan Quran (TPQ) atau sederajat. Honor itu dibayarkan dengan untuk enam bulan terakhir.

Penyerahan honorer dilakukan secara simbolis Wakil Bupat, H Suyatno di GOR Batu Enam Bagansiapiapi, Jumat (30/8/2013).

H Suyatno, dalam sambutannya mengatakan, Pemkab Rohil sangat mengapresiasi peran dan fungsi guru RA, PDTA dan TPQ yang telah ikut berperan dalam menciptakan kecerdasan bangsa, khususnya dalam pendidikan keagamaan.  

"Saya sungguh mengapresiasi peran serta guru RA, PDTA dan TPQ dalam keikutsertaannya dalam mencerdaskan kehidupan berbangsa khususnya di Rohil ini. Pintar atau bodohnya anak didik tergantung kepada ibu dan bapak-bapak semua," sebut H Suyatno.

Sementara itu, Kepala Kemenag Rohil, H Agustiar menambahkan, Pembayaran ini akan tuntas selama dua hari kedepan.

Diterangkannya, pembayaran tahap awal dilakukan untuk para guru dari tiga Kecamatan, yaitu Kecamatan Bangko, Sinaboi dan Batu Hampar dengan jumlah 527 orang terlebih dahulu. Sedangkan terhadap para guru yang berada di kecamatan lainnya menyusul pada tahap kedua yang pembayarannya juga dilakukan di GOR Batu Enam. "Besaran jumlah dana yang dikucurkan oleh Pemkab Rohil terhadap guru honor ini sebesar Rp13 Miliar," terang Agustiar.

Besaran gaji honor yang diterima para guru bervariasi, yakni Rp450 ribu per bulan untuk guru RA, PDTA sebesar Rp200 ribu per bulan dan guru TPQ Rp150 ribu per bulan. "Setiap tahun jumlah guru RA, PDTA dan TPQ mengalami peningkatan yang signifikan di Kabupaten Rohil. Sedangkan jumlah dana honor yang dianggarkan Pemkab Rohil tetap Rp13 Miliar dan tidak ada kenaikan," rinci Agustiar. (rep1)