Tingkatkan Ekora

Petani Miskin Rohil Dibantu Bibit Kebun

BAGANSIAPIAPI - Dinas Perkebunan (Disbun) Rokan Hilir akan memberi bantuan bibit kelapa sawit, karet, kakao dan jenis tanaman perkebunan lainnya kepada petani miskin untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan (Ekora). Bantuan ini dikhususkan bagi petani yang memiliki lahan tidur.

Demikian dikatakan Kepala Disbun Rohil, Syahril, Sabtu (31/8/2013) di Bagansiapiapi. "Tahun ini bibitnya telah kita sediakan dan siap untuk dibagikan kepada petani miskin di Rohil. Namun bantuan ini difokuskan kepada petani yang memiliki lahan sendiri dan tak tergarap untuk difungsikan. Tujuannya meningkatkan perekonomian masyarakat agar memiliki penghasilan tetap," papar Syahril.
 
Semua bibit tersebut, katanya, dibagikan secara gratis agar petani miskin tak perlu memikirkan membeli bibit ke luar daerah. "Selama ini kan masyarakat kita membeli bibit di luar. Maka tahun ini tidak perlu lagi itu dilakukan. Bibit-bibit itu kita budidayakan sendiri," sebutnya.

Lagi pula, Tambah Syahril, bibit yang disediakan tergolong unggul dengan kualitas terbaik. "Disbun membuat pembibitan ini agar digunakan masyarakat kita sendiri. Maka kita pilih bibit yang berkualitas, saya yakin masyarakat nanti akan banyak membutuhkannya," harapnya.

Sistem pembagiannya, jelas Syahril, tetap melalui pihak Pemerintah Kecamatan hingga kepenghuluan. "Supaya tepat sasaran. Jadi tetap dibagikan langsung ke kelompok tani yang ada di kecamatan. Nah, pembagiannya dimulai dari Kecamatan Bangko, Rantau Kopar, Batu Hampar, dilanjutkan Kecamatan Tanah Putih, Bangko Pusako, Pujud. Setiap petani mendapatkan 320 bibit untuk lahan dua hektar," rincinya. (rep1)