Fokus Rohil

Setiap Pekarangan Rumah akan Ditanami Pohon Buah

ilustrasi

BAGANSIAPIAPI - Seluruh pekarangan rumah yang ada di Kabupaten Rokan Hilir akan ditanami pohon buah oleh pemerintah. Pohon buah ini untuk menunjang perekonomian warga di samping kempanye penghijauan. Bahkan, Pemkab Rohil akan membagikan 1.000 batang pohon buah untuk setiap kecamatan.

Hal ini dibearkan Kepala Dinas Pertanian dan Perternakan (Distanak) Rohil, Ir Muslim, Jumat (30/8/2013).

"Program ini milik Pemkab Rohil, Distanak yang akan menjadi tenaga ahlinya dengan menyebarkan 1.000 batang pohon buah-buahan untuk setiap kecamatan. Batang pohon buah itu akan ditanam di seluruh perkarangan rumah warga sambil mengkampanyekan penghijauan yang bernilai ekonomis," ujar Muslim.

Muslim menyatakan, dalam waktu dekat tim yang telah dibentuk akan melakukan survai ke seleruh titik lokasi di setiap kecamatan yang akan ditanami pohon buah tersebut. "Dari hasil survai itulah nantinya akan ditentukan titik lokasi penenamannya. Jangan sampai batang pohon yang kita sebar akan sia-sia karena tak cocok dengan kondisi tanah dan iklim suatu daerah. Makanya akan disesuaikan masing-masing kecamatan cocoknya akan ditanam pohon apa misalnya," papar Muslim.

Namun demikian, Muslim merincikan setiap pekarangan rumah akan ditanam minimal 4 batang pohon buah. "Dengan begitu, pekarangan akan menjadi asri dan indah. Jika berbuahnya, hasilnya untuk masyarakat, kan bernilai ekonomis," sambungnya.

Lanjutnya, program Bupati Rohil, H Annas Maamun ini harus didukung oleh masyarakat luas. Sebab, melalui program ini setiap pekarang rumah yang tidak dimanfaatkan akan lebih memiliki nilai ekonomis. "Dananya sudah dianggarkan di dalam APBD. Ini suatu bentuk kepedulian Bupati dalam menjaga keindahan dan kelestarian lingkungan," ujarnya Kadistanak. (rep1)