Fokus Rohil

Diduga, Sungai Bangko Tercemar Limbah Sawit

ilustrasi

BANGKO PUSAKO - Warga Kepenghuluan Bangko, Kecamatan Bangko Pusako kesal karena aliran sungai Bangko diduga tercemari limbah pabrik kelapa sawit. Padahal, air sungai ini biasa digunakan warga sekitar untuk keperluan sehari-hari seperti mandi dan lainnya.

Meski belum dapat dipastikan asal limbah dari pabrik yang mana? karena di aliran tepian sungai banyak ditemukan pabrik, warga mulai geram. "Kami yakin tercemarnya Sungai Bangko ini diakibatkan limba pabrik kelapa sawit yang berdiri di tepian sungai. Kita merasa terganggu dengan adanya limbah itu, air sudah tidak layak digunakan lagi," geram salah satu warga bernama Iwan (28), Kmais (28/8/2013).

Untuk itu Iwan meminta kepada Pemkab dan DPRD Rohil agar turun tangan mencari solusinya. ”Ini tidak bisa dibiarkan begitu saja, Pemkab Rohil dan DPRD Rohil harus turun ke lapangan melihat kondisi warga di daerah ini," harapnya.

Akibat tercemarnya sungai Bangko, ribuan warga sulit melakukan aktivitasnya. "Sementara  kehidupan kami banyak yang menggantungkan hidup dari sungai ini, kami rata-rata nelayan lokal," tambah Usman.
 
Kini air itu mulai mengeluarkan bau menyerupai bahan kimia yang tidak sedap. "Kondisi ini sudah berlangsung lama dan tampaknya perusahan yang ada di daerah ini tidak mau ambil perduli," tegas Iwan. (rep1)