Fokus Rohil

Sekeladi Hilir Jadi Desa Percontohan

SEKELADI HILIR - Kepenghuluan Sekeladi Hilir di Kecamatan Tanah Putih menjadi desa percontohan. Untuk itu, melalui prestasinya, pihak kepenghuluan terus menerapkan syarat sebagai Desa Percontohan melalui Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Demikian dikatakan Penghulu Sekeladi Hilir, Hamsar, Rabu (28/8/2013). Menurutnya, terpilihnya Sekeladi Hilir menjadi desa percontohan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Rohil karena daerahnya telah lama menerapkan lingkungan yang bersih dan asri.

Bahkan, sebutnya, di setiap pekarangan rumah warga, disediakan air basuh tangan sekaligus sabun dan lokasi bebas asap rokok. "Untuk itu, kami sendiri atau tamu, jika masuk ke rumah harus membersihkan kaki dan tangan dahulu dengan membasuh. Terlebih jika mau merokok, tidak boleh di dalam rumah. Sebab, tempat merokok sudah kami sediakan di luar rumah," jelasnya.

Dikatakanya, program PHBS yang ditaja Dinas Kesehatan bersama tim Penggerak PKK sangatlah bagus. "Mungkin, karena PHBS benar-benar diterapkan makanya desa kami terpilih menjadi desa percontohan PHBS," sebutnya.

Camat Tanah Putih, Suryadi SE membenarkan bahwa dari 15 kepenghuluan dan 2 kelurahan di daeranya, Kepenghuluan Sekeladi Hilir terpilih menjadi desa percontohan PHBS. "Semoga tidak saja Sekeladi Hilir, kita harap Kepenghuluan lainnya juga bisa meraihnya," harapnya.

Untuk itu, camat menghimbau seluruh warganya, agar selalu menjaga kebersihan lingkungan, agar bisa kedepanya menjadi desa percontohan. "PHBS yang diterapkan sangat besar manfaatnya, selain mengajarkan masyarakat hidup sehat, juga membuat masyarakat cinta terhadap lingkungan," tegasnya. (rep1)