Politik

Pada Saat Pemilihan Gubernur Nanti, PLN Janji Tidak Ada Pemadaman Listrik

RENGAT- Pemilihan kepala daerah Provinsi Riau Periode 2013-2018 sudah berada didepan mata, dimana waktu yang dinanti-nantikan masyarakat Riau tersebut hanya tinggal menghitung hari, yakni jadwal yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) adalah pada anggal 4 Sepember 2013 mendatang.

Dengan demikian, PLN Area Rengat terus berupaya agar pemadaman listrik bergilir di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dan seluruh wilayah kerjanya, Kabupaten, Inhu, Inhil dan kuansing tidak terjadi lagi, terutama pada saat hari pemilihan Gubernur Riau hingga dengan selesai. Begitu juga dengan pemadaman listrik bergilir yang selama ini dikeluhkan masyarakat, hal itu tentu tidak akan lagi terjadi.

Untuk saat ini daya yang mampu dihasilkan pembangkit sudah mulai seimbang dengan kebutuhan pelanggan. Hanya saja, kadang-kadang masih ada terjadi pemadaman bagi pelanggan yang berada di Kelurahan Pangkalan Kasai Kecamatan Seberida, terutama saat beban puncak," ujar Manager PLN Arae Rengat Roebady, Senin (26/8/2013) dilansir goriau.com.

Roebady mengatakan, saat ini masih ada satu unit mesin pada Pembangkit Listik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Kelurahan Tanah Merah, Kecamatan Lirik yang masih mengalami gangguan. Namun berdasarkan keterangan pengelola PLTMG, yakni PT Wijaya Karya, perbaikan diperkirakan sudah dapat tuntas pekan depan.

Selain itu, tidak adanya pemadaman bergilir di wilayah Kabupaten Inhu karena saat ini PLTMG Langgam di Pelalawan sudah beroperasi, sehingga PLTMG Tanah Merah tidak lagi menyuplai daya untuk wilayah Ukui dan Sorek. “Dulu kebutuhan daya yang disuplai dari wilayah Inhu bisa mencapai 39 MW, tetapi setelah PLTMG Langgam beroperasi, kebutuhan daya hanya tinggal 30 MW,â€Â ucapnya.

Kedepan PLN Area Rengat juga akan melakukan sistem koneksi dengan jaringan di Pulau Kijang, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). Sebab saat ini jaringan PLN sudah tersambung mulai dari Kuala Cenaku Inhu hingga ke Pulau Kijang. PLN juga akan mensuplai daya dari PLTMG Tanah Merah untuk pelanggan yang selama ini di pasok dari PLTD Pangkalan Kasai.

Meski demikian, hal itu dipastikan tidak akan mempengaruhi kebutuhan daya untuk wilayah Rengat dan sekitarnya. Sebab pasokan daya untuk Pulau Kijang dan wilayah Pangkalan Kasai baru akan diberikan setelah perbaikan terhadap satu unit mesin di PLTMG Tanah Merah tuntas dilakukan.

Kalau perbaikan satu unit mesin di PLTMG Tanah Merah itu tuntas sesuai target, mudah-mudahan tidak ada lagi pemadaman bergilir di wilayah Inhu dan sekitarnya, terutama menjelang pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubenur Riau mendatangâ€Â tandasnya.(rep2)