Riau Raya

Bupati Diminta Angkat Sekda Definitif

SELATPANJANG - Mengoptimalkan fungsi pelayanan birokrasi, sejumlah kalangan  berharap agar Bupati Kepulauan Meranti mengusulkan untuk pengangkatan Sekda defenitif.

“Kami berharap agar Pak Bupati segera mendefenitifkan atau mengusulkan nama calon Sekda defenitif yang baru kepada Gubernur Riau, setelah jabatan Sekda defenitif ditinggal pensiun oleh H Zubiarsyah. Sehingga pelayanan birokrasi dapat dijalankan dengan lebih optimal,” kata Efendi Rustam SAg, Ketua DPD Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Kepulauan Meranti, Senin (26/8) di Selatpanjang.

Menurutnya, kendati Drs Iqaruddin MSi yang saat ini menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Kabupaten Kepulauan Meranti sudah cukup baik dalam menjalankan tugasnya, namun jika Plt bisa segera didefenitifkan maka fungsi pemerintahan yang dijalankan Sekda defenitif bisa lebih maksimal lagi.

"Bupati Kepulauan Meranti memiliki wewenang untuk mengusulkan Sekda definitif. Jika persoalan ini bisa dipercepat maka lebih baik,” ujar politisi dari PAN Kepulauan Meranti ini.

Menurut Efendi, pengusulan calon Sekda defenitif merupakan hak dan kewenangan Bupati, meskipun usulan calon Sekda defenitif harus terlebih dahulu disampaikan kepada Gubernur Riau dengan tembusan DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti.

Ia mengharapkan, para calon Sekda itu hendaknya merupakan orang yang mempunyai kemampuan fungsi birokrasi yang mumpuni dalam rangka pembinaan kepegawaian dan jalannya roda pemerintahan secara maksimal dilingkungan Pemkab Kepulauan Meranti. Dapat menjalin mitra dengan DPRD, komunikatif dan jiwa leadership agar dapat membangun koordinasi dengan seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

"Kita berharap secepatnya Sekda definitif ini ditentukan. Karena Sekda berperan dalam maju mundurnya kinerja aparatur birokrasi pemerintahan pada struktur organisasi Pemkab Kepulauan Meranti,” ujarnya.

Menurut informasi yang beredar, ada tiga nama calon Sekda defenitif yang dinilai layak baik dari sisi kemampuan kapasitas dan kapabilitasnya. Ketiga nama tersebut yakni Plt Sekda, Drs Iqaruddin MSi yang pernah menjabat Kepala Biro dilingkungan Pemprov Riau, Kepala BLH, Drs Irmansyah MSi yang pernah menjabat Kepala Biro dilingkungan Pemprov Kepri dan Drs M Azza Faroni yang saat ini menjabat Kepala Bappeda Kabupaten Kepulauan Meranti.(rep6)