Fokus Rohil

Jalan Banjar XII Dipenuhi Tumpukan Sampah

Tanah Putih-Tumpukan sampah terlihat teronggok di sepanjang Jalan Lintas Kepenghuluan Banjar XII, Kecamatan Tanah Putih Sedinginan. Kondisi ini dikeluhkan para pengguna jalan yang melintas setiap harinya.

Warga Sintong, Haris (43), menuturkan, aroma bau busuk dari tumpukan sampah sangat menganggu setiap pengendara sepeda motor yang melintas. Tumpukan sampah yang berserak disekitar jalan sudah cukup banyak. Selain menganggu pemandangan, tumpukan sampah dinilai telah menganggu kenyamanan warga sekitar.

"Setiap hari kalau melintas selalu tercium, aroma busuknya kadang membuat pusing kepala. Saya rasa tumpukan sampah sudah terlalu lama, sehingga baunya sangat tidak enak. Kita berharap ada upaya dari pemerintah daerah mengatasi kondisi tersebut," harapnya.

Camat Tanah Putih Sedinginan, Suryadi, belum lama ini, mengakui pihaknya kesulitan mengatasi persoalan sampah. Pihaknya sudah berkordinasi dengan dinas terkait menanggulangi persoalan tersebut, seperti usulan pembuatan Tempat Pembuangan Akhir (TPA), menyiapkan tempat pembuangan semenetara disekitar lokasi padat penduduk, memberikan imbauan larangan membuang sampah sembarangan.

"Kalau dilihat kondisinya memang daerah itu bukan tempat pembuangan sampah, hanya kesadaran masyarakat saja yang kurang. Kita juga sudah buat imbauan larangan membuang sampah sembarangan disepanjang jalan. Untuk penanggulangan sementara, sampah tersebut akan ditimbun dengan menggunakan eskavator dalam waktu dekat," ucapnya.(TIM02)