Riau Raya

Pekanbaru Diposisikan sebagai Kota Investasi Terfavorit

Salah satu sisi Kota Pekanbaru.

PEKANBARU - Hasil survei Universitas Indonesia yang melakukan kajian tentang kota-kota di Asia-Pasifik, termasuk Indonesia menempatkan Kota Pekanbaru sebagai kota tujuan investasi terbaik nomor satu di Indonesia.

Kota Pekanbaru, memiliki luas wilayah 625 km2, hampir sama dengan luas Provinsi DKI Jakarta, dengan jumlah penduduk saat ini 1 juta. Tingkat pertumbuhannya 4,47 persen, dimana 2,3 persen disumbangkan pendatang atau arus urban dari berbagai daerah di nusantara. Sedangkan pertumbuhan ekonomi 5 tahun terakhir, tercatat rata-rata diatas 10 persen.

Hal tersebut disampaikan Kabag Humas Pemko Pekanbaru, Azharisman Rozie, Minggu (25/8/2013), menirukan pemaparan Walikota, Firdaus, MT dalam Sarasehan Nasional Perubahan Iklim dan Tantangan Peradaban Bangsa yang diselenggarakan Dewan Nasional Perubahan Iklim di Jakarta, Jumat (23/8/2013).

Dijelaskan Walikota dalam Saresahan itu, ada tiga pendekatan pembangunan menuju kota Metropolitan yang madani. Pertama sebagai kota yang pintar menggunakan teknologi informatika, karena hal ini sudah menjadi suatu kebutuhan dalam segala aspek kehidupan. Kedua, membangun perkotaan menjadi kota yang layak hidup. Ketiga, membangun perkotaan menjadi kota yang hijau.

Menurut Walikota, kota hijau bukan sekedar perbandingan tata ruang terbuka hijau. Namun mempunyai, arti lebih luas dan kompreehensif, yakni bagaimana membangun ekonomi yang hijau, kawasan industri yang hijau dan masyarakat yang cinta lingkungan.

Sebab Wako mengajak masyarakat bisa merubah paradigma tentang bagaimana pandangan terhadap lingkungan. "Selama ini lingkungan tidak menjadi perhatian kita semua. Hari ini kita mulai, dari diri kita sendiri, keluarga, tetangga, dan semua masyarakat Indonesia," kata Firdaus seperti dikutip dari Haris. (mr/rep02)