HUT Pramuka ke-52

Wabup Minta Tingkatkan Nilai Solidaritas

Wabup Rohil H Suyatno menghadiri acara resmi di Bagansiapiapi. (rep1)

BAGANSIAPIAPI - Wakil Bupati Rokan Hilir, H Suyatno meminta para generasi muda untuk meningkatkan nilai solidaritas baik berteman maupun dalam menuju pembangunan daerah. Hal ini diutarakannya sempena peringatian Hari Pramuka ke-52 dengan tema Satyaku Dharmakan, Dharmaku Kubhaktikan menuju Pramuka yang unggul dan Profesional, Senin (19/8/2013) yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Rohil, Jalan Merdeka Bagansiapiapi.

Kegiatan Hari Pramuka ini diikuti seluruh anggota dari kecamatan mulai tingkat penggalang dan penegak. "Dengan gerakan Pramuka yang semangat, harus meningkatkan rasa solidaritas demi bangsa bagi kaum muda menuju pembangunan daerah. Apalagi, belakangan ini nilai itu semakin memudar," sebut Suyatno.

Dengan meningkatkan rasa solidaritas yang tinggi terhadap sosial, sambungnya, dipastikan semangat bela negara bagi kaum muda terhadap  sejarah akan terus terbina. "Dengan HUT Pramuka tahun ini, mari kita tingkatkan rasa itu (Solidaritas). Sehingga hubungan kita tetap terjaga dengan baik dan tetap harmonis," harapnya.

Di samping itu, menurutnya, generasi muda saat ini harus lebih bergairah dalam menggalakkan kepramukaan agar lebih berjiwa mandiri. Sebab, sambungnya, berbagai masalah yang dihadapi kerab penyelesaiannya dipelajari di kepramukaan. "Dalam pembinaan, pramuka itu bukan cuma membina akhlak dan budi pekerti kaum muda. Tetapi berbagai persoalan menjadi tradisi buat mereka untuk dihadapi," sebutnya.

Sejarah telah menunjukan bahwa keruntuhan suatu bangsa dimulai dengan menurunya semangat dan rasa kebangsaan serta semakin lunturnya akhlak dan pekerti kaum muda karena tergadainya solidaritas. Untuk itu, Wabup Suyatno mengajak agar kaum muda terhindar dari rapuhnya sendi-sendi yang menompang sebuah bangsa. "Padahal kaum muda bagian dari komponen bangsa, makanya jangan rentan terhadap berbagai perubahan yang dapat menjerumuskan," ajaknya. (rep1)