Fokus Rohil

Pendatang harus Miliki Identitas

ilustrasi

BAGAN BATU - Pemerintah Kecamatan Bagan Sinembah mengimbau kepada para pendatang pasca Lebaran yang ingin mencari pekerjaan di Kota Bagan Batu dan sekitarnya agar melengkapi identitas diri. Selain itu, pihaknya meminta agar para pendatang memiliki skil sebagai modal mencari pekerjaan.

"Sudah menjadi tradisi, bagi masyarakat yang mudik dan kembali lagi ke Bagan Batu akan membawa saudara atau pun tetangganya untuk mencari pekerjaan di daerah kita. Untuk itu, kita mengharapkan agar mereka membawa surat-surat identitas diri dan hendaknya memiliki skil (keahlian, red), sehingga kedatangan mereka tidak menambahan jumlah pengangguran," ujar Camat Bagan Sinembah, Hadiono SH, Selasa (13/8/2013).

Dikatakannya, siapapun yang ingin mencari pekerjaan di Bagan Batu alangkah baiknya, jika mempunyai skil yang dapat diandalkan. Hal ini untuk mencegah terjadinya lonjakan jumlah angka pengangguran yang nantinya malah menjadi beban pemerintah.

"Jika tak memiliki kepandaian atau keahlian, lebih jangan datang. Ini bertujuan bila mereka mencari pekerjaan di perusahaan, mereka dapat diterima bekerja sesuai dengan keahlian yang dimilik. Sehingga tidak terjadi pengangguran," tegas Hadiono.

Lebih lanjut, Hadiono mengatakan, banyaknya perantauan ataupun pencari pekerjaan yang gagal disebabkan bermodal nekad. "Selain itu, kepada perusahaan yang beroperasi di Bagan Batu dan sekitarnya, jika ada penerimaan lowonga, harus diumumkan dan harus mendahulukan warga tempat," sebutnya. (rep1)