Tatap Arus Mudik

H-8 Lebaran, Jalinsum Masih Terlihat Sepi

ilustrasi

BAGAN BATU - Jelang Lebaran Idul Fitri 1434 Hijriyah, yang tinggal 8 hari lagi, Rabu (31/7) kemarin. Jalan lintas sumatera (Jalinsum) masih terlihat sepi oleh aktivitas arus mudik. Bahkan, khusus di kota Bagan Batu, Kecamatan Bagan Sinembah, sejumlah loket dan kantor perwakilan bus juga masih terlihat lengang.

Menurut penjelasan beberapa petugas loket, arus penumpang angkutan yang menghubungkan Bagan Batu-Medan, Medan-Bagan Batu, Bagan Batu-Pekanbaru sampai sejauh ini juga masih stabil.

"Sampai hari ini (kemarin, red) kita belum mendapati peningkatan jumlah penumpang, padahal lebaran hanya tinggal kurang lebih sepekan lagi," kata Munthe, salah seorang petugas loket bus Sartika.

Menurutnya, kemungkinan peningkatan jumlah penumpang baru akan terlihat beberapa hari ke depan. "Biasanya memang baru akan terlihat ketika puncak mudik tiba, tepatnya sekitar H-3 atau H-2 sampai malam takbiran tiba," terangnya.

Soal kenaikan harga tiket, dirinya tak mempungkiri hal itu bisa saja terjadi. "Belum mengetahui secara pasti soal itu. Tetapi bisa saja terjadi. Kalau saat ini kan belum terjadi kenaikan harga tiket untuk tujuan Bagan Batu-Medan, kalaupun ada kenaikan, harus ada pengumuman dari direksi kita di Medan," tegas Munthe.

Kasat Lantas Polres Rokan Hilir, AKP Daud Sianturi membenarkan dari hasil pantauannya di sepanjang jalan bahwa arus mudik masih terlihat lengang. "Namun kita tetap lakukan pemantauan dan pengawasan arus mudik. Patroli juga terus digiatkan, maupun mendirikan posko pengamanan lebaran," terangnya.

Kendati demikian, dirinya mengimbau kepada seluruh pemudik agar tetap berhati-hati ketika mengendarai kendaraannya di jalan raya. "Waspada adalah jalan terbaik dengan mematuhi aturan berlalulintas agar lebih aman dan nyaman dalam berkendaraan," harapnya. (rep1)