Fokus Rohil

Rohil akan Terus Tagih DBH dari Riau dan Pusat

ilustrasi

BAGANSIAPIAPI - Penerimaan Dana Bagi Hasil (DBH) baik dari pusat maupun provinsi, setidaknya dapat menaikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Rohil. Apalagi tunggakan PAD baik dari pusat maupun provinsi untuk Kabupaten Rohil dinilai masih banyak dan pihaknya akan tetap menagihnya.

Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Rohil, Drs Ferri H Parya, Rabu (31/7).

Nmaun dmeikian, pihaknya belum dapat memberikan informasi berapa besarnya tunggakan DBH baik dari pusat maupun provinsi untuk Kabupaten Rohil. "Berapa besar tunggakannya dan berapa yang sudah direalisasikan, belum dapat diinformasikan. Tapi, kalau sudah ada datanya nanti kita sampikan ke publik," tegasnya.

Selain DBH, peningkatan PAD juga dapat dilaksanakan melalui penarikan pajak termasuk Pajak Bumi Bangunan (PBB) Perdesaan maupun Perkotaan yang dilakukan sepenuhnya leh Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Rohil. Penarikan PBB Perkotaan dan Perdesaan setidaknya mengalami peningkatan. Dimana tahun 2012 lalu, realisasinya menpai sekitar Rp1,2 miliar. Dan di tahun anggaran 2013, PBB Perdesaan dan Perkotaan ditargetkan sebesar Rp1,5 miliar.

Sektor lainnya yang dapat meningkatkan PAD Kabupaten Rohil yaki berasal dari retribusi khususnya yang ada di semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Kaena, Penarikan retribusi dari semua SKPD yang ada di wilayah Kabupaten Rohil sebagian besar kondisinya masih belum optimal. (rep1)