Politik

KPU Pekanbaru akan Sosialisasikan Kampanye Taman

Ketua KPU Pekanbaru Tengku Rafizal

PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru hari ini, Kamis (1/8) merencanakan mensosialisasikan taman kampanye kepada lima pasangan Calon Gubernur (Cagubri) dan Calon Wakil Gubernur Riau (Cawagubri). Sosialisasi ini diberikan agar kelima pasangan gubernur dapat mempersiapkan diri menjelang 18 Agustus mendatang.

Hal ini dikatakan oleh Ketua KPU Pekanbaru Tengku Rafizal, Rabu (31/7) di ruang kerjanya. Taman kampanye ini, dibuat seperti stand deri lima pasangan Cagubri, termasuk bentuk dan tampilan stan yang harus dibuat.
"Ya, KPU akan melakukan inovasi dalam hal berkampanye. Setiap kabupaten/kota akan berdiri sebuah taman kampanye," terangnya.

"Kita rencanakan, besok akan sosialiasai taman kampanye ini kepada lima pasangan Cagubri," kata Tengku Rafizal.
Dijelaskannya, pembukaan taman kampanye ini, dibuka pada 18 Agustus yang bertepatan pada awal mulainya kampanye setiap pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau.

"Adanya taman kampaye ini, lima pasangan bisa leluasa dalam mempromosikan diri kepada pengunjung agar dapat memilihnya," sebutnya.

Sementara Ketua KPU Riau, Tengku Edi Sabli menjelaskan, bahwa taman tersebut layaknya sebuah pameran yang menyediakan semua informasi mengenai seluruh pasangan calon.

Edi menyatakan kampanye seperti ini baru pertama kali diadakan di Riau. Sebelumnya, setiap pasangan Cagubri diberi jadwal kampanye dengan waktu dan tempat yang berbeda. Namun, untuk saat ini, seluruh keterangan mengenai pasangan calon akan dikumpulkan pada suatu tempat.

"Di dalam taman kampanye itu akan dipaparkan mengenai visi misi, program kerja dan juga mengenai riwayat hidup calon tersebut," jelasnya.

Sebagai informasi pelaksanaan taman kampanye dilaksanakan pada 18-23 Agustus mendatang. Sosialisasi tersebut mengantipasi tidak maksimalnya sosialisasi ke lapisan masyarakat bawah. Sasaran dari taman kampanye ialah masyarakat yang memiliki pendidikan lebih tinggi. Hal ini juga dilakukan untuk menghemat waktu, termasuk meminimalisir pendanaan. (rep1)