Fokus Rohil

Diskes Siagakan Petugas Saat Arus Mudik

BAGANSIAPIAPI -  Saat puncak arus mudik yang tinggal hitungan hari emmasuki Lebaran Idul Fitri, Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Rohil menyatakan siap menyiagakan petugasnya di sejumlah posko yang ada di berbagai wilayah. Selain petugas, Diskes juga menyediakan berbagai obat-obatan, tenaga doker dan perawat serta kendaraan ambulance untuk mengantisipasi dampak kecelakaan.

Hal ini ditegaskan Kepala Diskes Kabupaten Rohil, dr H Muhammad Junaidi Saleh M Kes, Selasa (30/7). "Persiapan lebaran ini, kita tidak membuka atau mendirikan posko kesehatan. Artinya, untuk pos kesehatan, nantinya kita bergabung dengan pos pengamanan lebaran di bawah komando Polres Rohil. Dan di pos pengamanan lebaran itulah, kita siapkan sejumlah petugas kesehatan kita," jelasnya.

Petugas kesehatan yang disiapkan, lanjut Junaidi, terdiri dari tenaga dokter dan perawat. Serta menyiapkan sejumlah obat-obatan yang diperlukan dan menyiagakan kendaraan ambulance. Hal tersebut sangat perlu dilakukan sebagai langkah-langkah awal untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. "Biasanya, saat mudik tiba nanti, arus lalu lintas kendaraan bakal meningkat di jalan raya. Dan pelayanan awal kesehatan seperti inilah sangat diperlukan," katanya.

Selain itu, tambah Junaidi, kepada semua petugas kesehatan diharapkan dapat terus meningkat kinerjanya terutama di saat-saat lebaran nanti. Karena, ada beberapa puskesmas yang bakal sangat diperlukan terutama yang berada di jalur-jalur strategis. Diantarnya seperti di Jalan Lintas Riau-Sumateran Utara (Sumut) dan Jalan Lintas Ujung Tanjung-Bagansiapiapi serta jalur startegis lainnya. "Semua persiapan yang dilakukan ini adalah untuk mengoptimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat," urainya. (rep1)