Tekan Kenaikan Harga

Wabup Rohil Tekankan Operasi Pasar

Untuk memastikan tidak terjadi spekulan, Wabup Rohil H Suyatno gencar melakukan operasi pasar. (rep1)

BAGANSIAPIAPI - Wakil Bupati Rohil H Suyatno meminta Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) untuk terus melaksanakan operasi pasar menjelang masuknya lebaran Idul Fitri. Hal ini dilakukan untuk menekan kenaikan harga sembako sepihak oleh pedagang.

Belakangan, Wabup memang gencar melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke berbagai pasar tak terkecuali Pasar Pelita di Jalan Perdagangan kota Bagansiapiapi. Dalam sidak kala itu, Suyatno didampingi oleh sejumlah stafnya dan melakukan dialog langsung kepada pedagang yang menggelar barang dagangannya di pasar Pelita tersebut.

"Operasi pasar yang dilakukan oleh insyansi terkait itu, jelas sangat diperlukan. Karena, operasi pasar itu dapat memberikan gambaran baik tentang stok maupun harga. Kondisi harganya bagaimana. Kalaupun ada kenaikan, berapa besar kenaikannya. Kemudian, juga untuk mengetahui apakah stok semua komoditi termasuk sembako ini masih mencukupi jelang lebaran nanti," sebutnya.

Selain itu, lanjut Suyatno, operasi pasar yang sudah menjadi agenda rutin tersebut dapat berfungsi sebagai pengawasan. Dengan adanya pengawasan secara rutin-rutin tersebut, diharapkan dapat mencegah munculnya produk-produk yang sudah kadaluarsa. "Di tengah kesibukan terlebih jelang masuknya lebaran, semua kemungkinan itu bakal bisa terjadi. Untuk itu, sebelum kemungkinan itu terjadi, maka sebaliknya operasi pasar dengan menitikberatkan pengawasan  produksi perlu untuk segera dilakukan," tegasnya. (rep1)