Ajak Warga Galakkan Penghijauan

Dishut Siapkan 21 Ribu Bibit Pohon Buah

net

BAGANSIAPIAPI - Dinas Kehutanan (Dishut) Kabupaten Rokan Hilir menyiapkan sebanyak 21 ribu bibit pohon untuk warga, tujuannya untuk menggalakkan penghijauan sekaligus meningkatkan ekonomi masyarakat dengan gerakan menanam buah di pekarangan rumah.

"Jadi kalau masyarakat membutuhkan bibit buah-buahan bisa mengajukan permohonan ke Dinas Kehutanan Rohil dari sekarang. Sekaligus menggalakkan penghijauan sambil memanfaatkan pekarangan rumah bernilai ekonomis," ujar Kepala Dinas Kehutanan Rohil, Drs Suandi di dampingi Kasubag Umum, Ismail, Sabtu (27/7).

Dikatakannya, 21 ribu bibit buah itu bersumber dari bantuan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) dan Pemkab Rokan Hilir. "Dari BPDAS sebanyak 5.235 ribu bibit dan 16 ribu dari Pemkab Rohil. Dengan ini, masyarakat diharapkan bisa memanfaatkan dan merawat bibit pohon manggis, matoa, durian, cembedak, lengkeng, rambutan, mangga, tanaman karet dan tanaman mahoni," terang Suandi.

Untuk mendapatkan bibit pohon, katanya, masyarakat cukup mengajukan ke Dinas Kehutanan dengan melampirkan foto copy surat tanah, KTP dan KK. "Apabila sarat sudah lengkap, bibit langsung disalurkan. Kita tidak ingin bibit ini nantinya disalahgunakan, seperti dijual atau ditanam ke lahan orang lain. Sehingga bibit yang kita bagikan sia-sia, makanya butuh persaratan,' jelasnya.

Program ini katanya, setiap tahun dilakukan untuk 15 kecamatan di Rohil. "Masyarakat sanggat menyambut baik program ini. Ini dibuktikan dengan permohonan yang masuk dari setiap kecamatan sangat banyak, seperti datang dari kecamatan Bangko, kubu, Simpang Kanan, Bangko Pusako dan Bagan Sinembah. Kita upayakan tahun ini pembagiannya merata per kecamatan," ungkapnya. (rep1)