Hukum

Bahaya! Mudik Pakai Sepeda Motor

net

PEKANBARU - Kepolisian Daerah (Polda) Riau mengimbau kepada para pemudik musim lebaran tahun 2013 agar tidak menggunakan kendaraan roda dua saat pulang kampung. Imbauan ini untuk menghindari angka kecelakaan yang diperkirakan tinggi setiap musim arus mudik dan didominasi oleh pengguna kendaraan roda dua.

Imbuan ini disampaikan Kapolda Riau Brigjen Pol Cindro Kirono melalui Kabid Humas Polda Riau, AKBP Hermansyah, Selasa, (23/7).

"Tingginya angka kecelakaan yang terjadi menimpa kendaraan roda dua saat musim lebaran dikarenakan karena kurangnya stamina saat berkendara, dan juga lokasi perjalanan yang panjang serta kodisi jalan rusak seperti tahun lalu," ujar Hermansyah.

"Untuk itu, kita minta masyarakat tidak mudik dengan menggunakan kendaraan roda dua, karena ini sangat membahayakan nyawa mereka," pintanya.

Lanjut Hermansyah, pihaknya juga akan mendirikan pos-pos peristirahatan di sejumlah lokasi saat musim lebaran nanti, dimana, pos-pos peristirahatan tersebut akan disiapkan tempat-tempat hiburan agar membuat perjalaan semakin menyenangkan. Bahkan, pihaknya akan menyediakan bangku pemijat untuk pemudik secara gratis dan layanan servis kendaraan gratis. "Jumlah pos akan disesuaikan dengan kebutuhan," sebutnya.

Ditanya mengenai apakah pihaknya akan melakukan pengawalan khusus kepada pemudik, Hermansyah menegaskan bahwa pengamanan seperti itu tidak perlu dilakukan. "Karena, kita sudah menempatkan personil di setiap daerah. Kalau buat semacam itu, makin tambah macet nanti," katanya.

Sementara itu, jumlah personil yang disiapkan, dirinya menjelaskan bahwa Polda Riau menurunkan sebanyak lebih kurang 1.300 Personil. "Jumlah itu termasuk yang ada di Polres setiap wilayah. Bahkan kita letakkan personil di daerah rawan perampokan untuk memberikan rasa nyaman bagi pemudik. Termasuk sniper, jika dibutuhkan maka akan disiapkan," ungkap Hermansyah. (rep1)