Sport

Liverpool Gebuk Indonesia 2-0 di GBK

net

JAKARTA - Indonesia harus takluk 0-2 dari tamu mereka Liverpool di Stadion Gelora Bung Karno, Sabtu (20/7). Dua gol The Reds masing-masing dicetak Philippe Coutinho di babak pertama dan Raheem Sterling di babak kedua.

Indonesia mengawali laga dengan baik, upaya Jacksen Tiago memperkuat lini tengah mendapat hasil cukup positif di menit awal laga. Berbeda saat melawan Arsenal, kali ini Skuat Garuda terlihat bisa mengimbangi lini tengah Liverpool.

Namun kesalahan antisipasi pemain belakang Indonesia di menit ke-9 berbuah petaka. Philippe Coutinho yang mendapat bola liar berhasil menggiring bola memasuki kotak penalti Indonesia sebelum melepas tendangan mendatar melewati penjagaan kiper Kurnia Meiga.

Tertinggal tak lantas membuat Indonesia tak kendur. Meski belum mampu melepas tendangan ke gawang, namun serangan Indonesia kali ini lebih terkoordinasi. Penguasaan bola juga lebih berimbang.

Di menit ke-26, Liverpool hampir saja menambah keunggulan andai umpan silang Jose Enrique tidak bisa diantisipasi baik oleh Kurnia Meiga. Tiga menit berselang giliran Luis Alberto yang melepas tendangan keras ke gawang Indonesia, tapi masih membentur mistar.

Keluar menyerang, Indonesia berhasil melepas tendangan ke arah gawang untuk pertama kalinya di menit ke-30. Tendangan keras Sergio van Dijk dari luar kotak penalti mampu ditepis Mignolet dan menghasilkan tendangan pojok.

Jelang berakhirnya babak pertama, Liverpool lebih dominan dalam penguasaan bola. Namun cemerlangnya Kurnia Meiga membuat kedudukan 1-0 untuk keunggulan Liverpool bertahan hingga jeda turun minum.

Di babak kedua, Liverpool melakukan beberapa pergantian pemain Steven Gerrard ditarik dan digantikan Joe Allen, sementara Jack Robinson menggantikan Jose Enrique.

Pergantian pemain tak membuat pola permainan Liverpool berubah. Bola pendek dan cepat pemain Liverpool membuat pemain Indonesia kewalahan hingga sering salah umpan. Seperti di menit ke-54, ketika Lago Aspas hampir saja menjebol gawang Kurnia Meiga memanfaatkan salah umpan pemain belakang Indonesia.

Di menit ke-70 permainan cepat Liverpool hampir saja membuahkan hasil. Sayangnya kali ini tendangan keras Raheem Sterling masih membentur mistar gawang kiri atas Kurnia Meiga.

Liverpool hampir saja mencetak gol kedua mereka di pertandingan ini pada menit ke-80. Berawal dari serangan balik cepat, Raheem Sterling yang berdiri bebas menerima bola gagal memanfaatkan peluang ketika tendangannnya masih menyamping di sebelah kiri gawang Kurnia Meiga.

Ketika asyik maju menyerang, Indonesia harus menerima kenyataan pahit kembali kebobolan di menit ke-87. Serangan balik cepat membuat tiga pemain Liverpool berdiri bebas di depan gawang Kurnia Meiga, dengan tenang Oussama Assaidi mengecoh Meiga dan memberi umpan kepada Raheem Sterling yang dengan mudah menjebol gawang Indonesia.

Liverpool terus menekan di waktu tersisa, tetapi tidak ada gol tambahan. Skor 2-0 untuk keunggulan Liverpool bertahan hingga laga usai. (rep/01)