Riau Raya

MB Dermaga Air Putih Amblas, Penyeberangan Terganggu

BENGKALIS - Jembatan dermaga (MB) Air Putih Bengkalis, Selasa (17/7) sekitar pukul 10.15 WIB amblas karena seling penahan MB putus ketika hendak dinaikan saat air pasang. Tak pelak penyeberangan dan bongkar muat pun terganggu dan baru teratasi sekitar pukul 16.00 WIB.

Puluhan truk pengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM) terpaksa batal menyeberang, sehingga pasokan BBM untuk pulau Bengkalis terhenti sementara waktu.

Seperti di ungkapkan  Bambang salah seorang supir pengangkut BBM jenis premium yang juga merasa kecewa tidak bisa menyeberang pada hari ini akibat rusaknya MB di Bengkalis. “Seharusnya kami sudah menyeberang tadi pukul 12.00 melalaui trip khsusus untuk angkutan BBM, tapi akibat rusaknya MB di Bengkalis tadi pagi terpaksa batal untuk menyeberang,” kata Bambang.

Pantauan  rute penyeberangan Pakning-Bengkalis dihentikan sementara waktu hingga MB air putih tersebut bisa difungsikan kembali dan KMP Swarna Putri terpaksa kembali ke Pakning untuk membongkar muatan kapal. Tampak di lapangan Kadishubkomonfo Bengkalis H Arman AA, Kepala UPTD Perhubungan Bengkalis Wan HasanN Kapolsek Bengkalis Kompol SafrudinM Kepala Adpel Bengkalis M Fikri.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Bengkalis, H Arman AA mengatakan bahwa kerusakan yang terjadi pada jembatan penyeberangan (Mobil Bright-MB) pada Dermaga Air Putih Bengkalis sudah bisa diatasi sementara waktu.

“Alhamdulillah, kerusakan seling yang putusyang berfungsi untuk menaikan atau menurunkan  MB saat air pasang atau sebaliknya sudah bisa kita atasi sementara waktu, kita perkirakan pada pukul 16.00 Wib sore nanti kapal sudah bisa kembali beroperasi,” kata Arman saat dihubungi. Rabu (17/7).

Dikatakan seling yang diganti saat ini hanya dipakai sementara waktu dan berkuran kecil agar MB bisa dioperasikan, sedangkan seling untuk ukuran yang sesuai kapasitas MB tersebut  masih dalam perjalan dari Medan.

“Jadi seling yang kita gunakan ini sifatnya sementara waktu agar MB bisa dioperasi saat air pasang maupun air pasang turun, apa bila barang yang kita order dari medan sudah sampai langsung kita ganti,” ungkap arman lagi.

Ditambahkan Arman juga pihaknya akan tetap memberikan pelayanan sebaik mungkin terhadap pengguna jasa, apa lagi terhadap kondisi dermaga yang sudah cukup lama dan perlu dijaga ketahanannya menjelang dibangun dermaga baru yang direncanakan tahun ini perencanaanya. (rep05)