Fokus Rohil

Waspadai Penyakit Musiman

ilustrasi

UJUNG TANJUNG - Pihak Puskesmas Kecamatan Tanah Putih mengimbau masyarakat untuk mewaspadai penyakit musiman yang berpotensi muncul saat bulan puasa seperti ini.
Untuk itu, masyarakat diminta untuk meningkatkan pola hidup sehat untuk menghindari berbagai hambatan menjalankan ibadah puasa.

"Penyakit yang berpotensi terjangkit saat bulan puasa tersebut diantanya, kontipas (sembelit), gula darah rendah, bisul perut dan radang perut, serta batu ginjal," kata Kepala Puskesmas Kecamatan Tanah Putih, dr Suarman, Rabu (17/7).?

Sembelit, terang Suarman, bisa menyebabkan ambeien (hemoraid), rasa nyeri di saluran anal dan gangguan pencernaan yang membuat perut terasa kembung. "Kondisi ini normal, karena saat kita berpuasa tubuh banyak menyaring makanan, kurang minum (cairan) dan kurang kosumsi serat," jelasnya.

Untuk mencegahnya, jelas Suarman, saat berbuka dan sahur harus diperbanyak makan-makanan berserat tinggi, seperti biji-bijian dan buah-buahan, lalu banyak minum air putih, dan jika ingin mengkosumsi karbohidrat dalam jumlah? banyak pilihlah roti dan jagung.

"Bagi penderita gula rendah, saat berpuasa akan mengalami lesu, pening, mudah lelah, kosentrasi buruk, mudah berkeringat, merasa goncang (tremor), tak dapat melakukan aktifitas fisik, sakit kepala," tambahnya.

Gejala serupa, sebutnya, juga bisa dialami oleh penderita yang bukan termasuk penderita diabetes, karena memiliki terlalu banyak gula dan saat sahur banyak mengkosumsi karbohidrat. Untuk pencegahan bisa mengurangi makanan yang manis-manis saat sahur. "Sementara bagi penderita diabetes (kencing manis), dianjurkan berkonsultasi dengan dokter jika ingin berpuasa," pintanya. (rep/01)