Nasional

Ya Ampun, Tiga Balita Ini Dieksploitasi Orang Tua Sendiri Jadi Pengemis

ilustrasi

Dalam razia yang digelar Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat, petugas berhasil mengamankan 22 orang PMKS dari sejumlah titik rawan di Jakarta Pusat, di mana 3 orang di antaranya merupakan balita yang diajak mengemis orangtuanya di daerah Tugu Tani, Jakarta Pusat.

Kepala Seksi Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat, Wanson Sinaga mengatakan, razia ini adalah yang pertama dilakukan pada bulan suci Ramadhan. Kegiatan ini untuk memberikan kenyamanan umat Islam dalam menunaikan ibadah puasa.

Ia menyebut, dalam razia itu pihaknya berhasil mengamankan sebanyak 22 orang PMKS di beberapa titik rawan di Jakarta Pusat seperti Harmoni, perempatan Coca-cola, Senen, dan Galur. Biasanya mereka datang dari luar Jakarta seperti Jawa Barat dan Jawa Tengah.

"22 orang yang kita amankan antara lain ada orang stres, gelandangan, pengemis, pemulung dan 3 balita yang dieksploitasi orangtuanya serta 1 orang cacat tubuh yang menggunakan kursi roda dari Medan, Sumatera Utara," ujarnya seperti dilansir situs beritajakarta. (rep02)