Harga Cabai dan Bawang Meroket

Wabup Rohil Sidak Pasar Tradisional

SIDAK PASAR TRADISIONAL - Wakil Bupati, H Suyatno menggelar sidak ke pasar tradisional Bagansiapiapi untuk memastikan harga kebutuhan pokok yang tida

BAGANSIAPIAPI - Terus meroketnya harga cabai dan bawang merah di pasar tradisional Bagansiapiapi membuat Wakil Bupati Rohil, H Suyatno menggeral inspeksi mendadak (sidak), Jumat (12/7) bersama rombongan. Namun, selain harga cabai dan bawang merah yang tembus Rp55 ribu, harga kebutuhan lainnya masih tergolong stabil.

"Harga kebutuhan lainnya masih tergolong stabil, cuma bawang dan cabai merah yang berada pada level harga Rp55 ribu per kilogramnya. Kenaikan harga tidak terlalu mencolok, rata-rata kebutuhan lainnya memang naik, tapi antara Rp1.000 hingga Rp2.000. Saya kira masih wajar disaat bulan puasa seperti ini," ujar Suyatno ketika mengunjungi pasar Pelita Bagansiapiapi.

Namun demikian, Suyatno meminta Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) untuk terus melakukan pemantauan pasar untuk menghindari spekulan yang sewaktu-waktu memanfaatkan kesempatan. "Belakangan isu kenaikan harga sembako sudah meresahkan. Ini perlu pengawsan yang ketat agar masyarakat tidak dirugikan, seperti yang terjadi pada harga bawang dan cabai merah yang saat ini berada pada Rp55 ribu perkilogram,' tegasnya.

Selain itu, Suyatno meminta kepada pedagang untuk tidak memainkan harga demi keuntungan pribadi. "Pedagang harus mengikuti aturan pasar dengan tidak mempermaikan harga dan malakukan penimbunan barang. Jika kedapatan, maka perlu dilakukan penindakan," tegasnya. (rep/01)