Sosialita

Trik Hemat Membangun Rumah

6Ingin membangun rumah dengan lebih hemat? Anda bisa menggunakan kusen, jendela, dan pintu bekas yang banyak dijual di beberapa tempat. Namun, ada baiknya Anda mengetahui beberapa tips untuk mendapatkan barang-barang bekas ini dengan kualitas baik. Prayitno, penjual kusen bekas di kawasan Jl TB Simatupang, Jakarta Selatan, memaparkan bahwa sebelum membeli kusen bekas, rencanakan dulu bentuk dan desain rumah yang diinginkan.

Biasanya kusen bekas yang banyak dijual selain dari bahan kayu besar juga mempunyai bentuk yang ketinggalan jaman. ''Bila bisa menyesuaikan, kusen bekas ini justru sangat serasi untuk rumah,'' katanya. Jika sudah menemukan kusen yang cocok jangan ragu untuk menanyakan jenis bahannya. ''Sebaiknya pilih kayu yang tahan rayap dan bubuk,'' ungkap Prayitno menyebutkan jati sebagai bahan kayu terbaik. ''Karena kayu jati mahal, bisa juga menggunakan kayu Kalimantan jenis kamper,'' imbuhnya.

Menurut Prayitno, semakin lama usianya kedua jenis kayu ini kian baik. ''Kayu jenis ini cocok untuk kusen. Selain berserat padat juga tidak terlalu berat dijinjing,'' jelasnya. Ia mengingatkan untuk tak gampang membeli barang bekas dari bahan kayu kruwing. ''Kayu ini tak cocok untuk kusen. Bila kena sinar matahari terlalu lama akan merenggang. Kayu kruwing ini cocoknya untuk usuk atau reng,'' terangnya.

Untuk mengetahui apakah kayu itu terkena bubuk atau keropos, pastikan dengan melihat kondisi kayu tersebut tidak bercat. Kalaupun sudah dicat, mintalah supaya kayu itu diserut hingga kelihatan kayu dasarnya. ''Kayu yang bercat tidak bisa dilihat kualitasnya apakah berbahan kayu tua atau atau sudah banyak keropos,'' ujar Prayitno.

Jangan memilih kusen yang telah keropos atau terkena rayap. ''Sebab sifat kayu apabila sudah terkena keropos sedikit saja, biasanya akan menular. Sehingga nantinya kayu tersebut tidak akan tahan lama lagi,'' ungkap Prayitno dilansir ROL.

Setelah semuanya beres baru mulai lakukan tawar menawar harga. Ingat, tak ada harga patokan pasti untuk harga kusen bekas. Biasanya bisa lebih murah lebih dari 30 persen dari harga kusen baru jenis yang sama. (rep02)