Fokus Rohil

Wabup Rohil Ajak PNS Puasa

Wabup Rohil H Suyatno

BAGANSIAPIAPI - Wakil Bupati, H Suyatno mengancam seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir khusus beragama Islam untuk berpuasa. Ancaman berupa imbauan ini tak lain mengajak agar PNS memberikan contoh yang baik kepada masyarakat.

"Apalagi kalau sempat ada PNS yang tak berpuasa malah merokok dan ngopi di kedai dengan menggunakan pakaian dinas, ini sangat memalukan. Saya jamin jika ini terjadi akan diberi sanksi tegas bagi pelakunya," tegas Wabup, Kamis (11/7), saat menggelar sidak di sejumlah rumah makan dan kedai kopi di Bagansiapiapi.

Meski sidak kali itu dirinya tak menemukan PNS yang nongkrong di kedai kopi, namun Wabup tetap menjamin aturan tersebut diperketat. "Karena, sebagai aparatur negara, PNS harus memberikan contoh yang baik kepada masyarakat. Jangan ada pegawai yang merokok, minum dan makan di kedai kopi selama bulan puasa ini. Begitu halnya untuk yang beragama lain, saya harap untuk saling menghormati," pintanya.

Menurut Wabub, Selama bulan puasa PNS harus bisa menunjukan prilaku yang baik dan terpuji di tengah masyarakat. "Pegawai harus tetap masuk jam kantor yang telah ditentukan. Jangan lagi malas-malasan, atau malah bolos kerja selama puasa ini. Jadi, kebiasaan buruk harus diperbaiki di bulan Ramadhan ini," harapnya.

Disamping itu, Wabup meminta kepada pengurus rumah ibadah untuk dapat memberikan siraman rohani selama jemaah melaksanakan ibadah sholat tarawih. "Ini penting untuk meningkatkan keimanan kita. Di samping itu jelas mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan agama," jelasnya. (rep/01)