Riau Raya

Hipemari Minta Pemda Kelola Blok Siak

ilustrasi

JAKARTA - Himpunan Pelajar Mahasiswa Riau (Hipemari) menegaskan Pemerintah Daerah dan  masyarakat Riau akan banyak meraih keuntungan jika pengelolaan blok Migas dikelola oleh perusahaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).  Selain akan meraup Dana Bagi Hasil (DBH), Pemprov dan Pemkab/Pemko juga akan memperoleh deviden dari pendapatan bersih yang diperoleh perusahaan. Sudah sepatutnya pengelolaan blok-blok Migas diberikan pengelolaannya 100 persen oleh daerah Riau melalui perusahaan migasnya.

“Peluang kerja bagi putra dan putri daerah juga semakin terbuka dengan dikelolanya blok Migas oleh BUMD, “ ujar Ketua Umum Hipemari, Adi Armin di Jakarta, Selasa (9/7), yang baru saja terpilih dalam Muasyawarah tahunan Anggota (MTA) XVI akhir pekan lalu.  

Untuk merebut pengelolaan blok Migas Siak itu, Amin menyatakan siap bersama-sama dengan Pemda dan masyarakat untuk  merebut blok-blok Minyak dan Gas Bumi (Migas), wilayah kerja provinsi Riau terkait blok Siak yang akan berakhir kontraknya dengan PT Chevron Pasifik Indonesia (CPI) pada  27 November 2013 nanti. “Kami sepakat  ke depan blok-blok Migas yang masa kontraknya berakhir harus diberikan dan dikelala 100 persen oleh daerah Riau lewat perusahaan Migas-nya, “ katanya.

Armin berharap pemerintah pusat tidak lagi meragukan kemampuan perusahaan daerah dan sumber daya manusia yang dimiliki Riau khususnya perusahaan BUMD-nya untuk mengelola blok-blok Migas. “Saya pikir BUMD di Riau sudah mampu mengelola sendiri blok Migas di Riau, “ ujarnya.

Sementara Direktur Pembinaan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi Ditjen Migas Kementerian ESDM,  Naryanto menyatakan pemerintah masih terus membahas tentang pengelolaan masa depan blok Siak, apakah tetap dikelola oleh CPI atau diberikan pengelolaannya oleh perusahaan nasional atau BUMD.

“Belum ada perkembangan terbaru, masih dalam pembahasan, “ katanya seraya mengatakan pihaknya telah menerima peengajuan perpanjangan kontrak oleh PT CPI dan proposal dari beberapa perusahan untuk mendapatkan blok tersebut.  (rep/01)