Fokus Rohil

Jembatan Lintas Pesisir Terus Ditingkatkan

ilustrasi

BAGANSIAPIAPI - Sejumlah jembatan yang menjadi penghubung terhadap program jalan lintas pesisir mulai dari Kecamatan Pasir Limau Kapas hingga Kecamatan Sinaboi dan tembus ke Kota Dumai, akan terus ditingkatkan pembangunannya. Karena, jembatan penghubung ini sebagai urat nadi pembangunan daerah.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Rohil, H Muhammad Job Kurniawan, Minggu (7/7). "Khusus untuk Jembatan Pedamaran I itu, kondisinya kan sudah selesai. Sedang sedang dikerjakan sampai selesai itu adalah Jembatan Pedamaran II. Jembatan Pedamaran dan Jembatan Pedamaran II itu nanti termasuk jembatan penghubung bagi jalan lintas pesisir pantai. Jembatan penghubung jalan lintas pesisir pantai lainnya, yakni terdapat di wilayah Kecamatan Kubu," paparnya.

Semua jembatan penghubung jalan lintas pesisir panta ini, lanjut Job, semuanya dilaksanakan oleh Pemkab Rohil. "Intinya, untuk jembatan, pelaksanaan pembangunannya Pemkab Rohil yang melakukannya. Kondisi saat jembatan penghubung jalan lintas pesisir pantai saat ini, tinggal terus dipersiapan untuk dapat diselesaikan. Kita rencanakan, di tahun anggaran 2014 ini, semua jembatan penghubung itu sudah selesai dan telah difungsikan. Ini harapan kita," jelas Job.

Sedangkan jalan lintas pesisir pantai mulai dari Panipahan Kecamatan Pasirlimau Kapas sampai ke Sinaboi Kecamatan Sinaboi dan tembus ke Kota Dumai, lanjut Job, merupakan program dari kewenangan pihak Provinsi Riau. Termasuk jembatan Jumrah yang ada di wilayah Kecamatan Rimbamelintang yang menjadi sarana penghubung Jalan Lintas Ujungtanjung - Bagansiapi-api juga menjadi kewenangan dari pihak Provinsi Riau. "Kita dari Pemkab Rohil sangat berharap, agar pembangunan dan peningkatan jalan lintas pesisir pantai ini dapat terus digesa hingga sampai selesai," sambungnya.

Karena, tambah Job, jalan lintas pesisir pantai tersebut sangat mendukung bagi percepatan perkembangan dan kemajuan Kabupaten Rohil di masa-masa mendatang. Dimana, dengan tersedianya jalan lintas pesisir pantai serta didukung dengan sejumlah jembatan penghubung tersebut menjadikan semua daerah di wilayah Kabupaten Rohil dapat ditempuh dari berbagai sisi. "Misalkan saja, untuk sampai ke wilayah Kecamatan Pasirlimau Kapas, selama ini kan hanya dapat ditempuh lewat jalur laut. Tapi, kalau jalan lintas pesisir pantai itu sudah tersedia, maka wilayah Kecamatan Pasirlimau Kapas dapat ditempuh lewat jalur darat," sebutnya. (rep/01)