Riau Raya

Gila, Harga Cabai Merah Di Pekanbaru Menembus Angka Rp 72 Ribu

Pekanbaru - Menjelang masuknya bulan suci Ramadhan 1434 Hijriah yang diperkirakan jatuh pada tanggal 9 atau 10 Juli 2013, harga cabai merah di Pekanbaru melambung tinggi dan menyetuh harga Rp72.000 per kilo gram.

"Harga cabai merah yang didatangkan dari Sumatera Utara hari ini dijual Rp72.000 per kilo gram, karena tidak beredar cabai merah dari Bukit Tinggi, Sumatera Barat," ujar pedagang rempah Sianipar, di Pasar Arengka, Pekanbaru, Sabtu.

Pasokan cabai merah dari Sumatera Barat, lanjutnya, dalam tiga hari terakhir tidak dipasarkan di Pekanbaru, sehingga harga cabai merah dari Sumatera Utara makin hari makin melonjak.

Sementara permintaan pasar mendekati bulan puasa atau masuknya bulan suci Ramadhan semakin meningkat, terutama pelanggan dari kalangan rumah makan dan masyrakat atau perorangan.

"Mulai dari hari Kamis (4/7), cabai merah dari Sumatera Barat sulit diperoleh, sehingga harganya terus naik karena terbatasnya pasokan dan hanya mengandalkan pasokan dari Sumatera Utara," ucapnya dilansir riau24.com.

Anto, pedagang sayuran di Pasar Pusat mengaku, dirinya hanya menjual sedikit cabai merah untuk hari ini dan telah habis direbut oleh konsumen yang umumnya adalah masyarakat.

"Subuh tadi saya hanya mendapatkan sedikit cabai merah dari Sumatera Utara untuk dijual ke masyarakat sebanyak 10 kilo gram. Sebelum jam 08.00 Wib sudah habis, sementara cabai merah dari Bukit Tinggi tidak ada untuk hari ini," katanya.

Pada pekan sebelumnya, cabai merah asal Bukit Tinggi, Sumatera Barat dipasarkan pedangan di Kota Pekanbaru dikisaran Rp35.000 per kilo gram, sedangkan cabai merah dari Sumatera Utara dijual Rp32.000 per kilo gram.(rep2)