Riau Raya

Pengawasan Gepeng Ditingkatkan

ilustrasi

PEKANBARU - Pengawasan terhadap gelandangan dan pengemis (Gepeng) akan terus ditingkatkan oleh Dinas Sosial Riau dengan berkoordinasi oleh kabupaten/kota. Pasalnya, Gepeng di Riau diyakini justru datang dari berbagai daerah luar jelang puasa dan lebaran.

Aktivitas para gepeng kebayakan berada di perempatan lampu merah, pusat perbelanjaan, hingga sarana rumah ibadah, berujung merusak pemandangan kota seperti yang terjadi di Pekanbaru. Untuk itu, Dinsos akan melakukan pemantauan setiap harinya.

"Harus diperhatikan bahwa setiap menjelang puasa dan lebaran, para gelandangan dan pengemis (gepeng) menyerbu pusat kota. Fenomena ini tentunya merusak pemandangan kota, sehingga kita akan selalu berkoordinasi dengan kabupaten/kota untuk menangani. Di samping itu, tentunya peningkatan pengawaan jalan utamanya," tegas Kepala Dinas Sosial Riau, Mizwar Efendi SH, Minggu (7/7).

Untuk mengatasi masalah gepeng tersebut, kata Mizwar, pihaknya tetep memperketat pengawasan. "Kita juga akan melakukan pembinaan. Karena, Dinsos hanya bisa melakukan pengawasan dan pembinaan menyangkut persoalan ini," sebutnya. (rep/01)