Sosialita

Ingin Stop Nafus Makan? Coba Olahraga Berat

Setelah melakukan olahraga yang berat, orang cenderung mengurangi porsi makan, ungkap sebuah penelitian terbaru. Orang yang kelebihan berat badan mengonsumsi lebih sedikit kalori setelah olahraga berat dibanding ketika setelah mereka beristirahat.

Beberapa penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa olahraga yang berat berkaitan dengan penurunan nafsu makan dan perubahan hormon yang berkaitan dengan rasa lapar serta rasa kenyang. Penelitian terbaru menunjukkan adanya perbedaan efek dari hormon tersebut dalam hal olahraga.

Hasil ini ditemukan peneliti di University of Western Australia setelah mengamati 17 orang yang kelebihan berat badan. Mereka diminta untuk melakukan olahraga selama 30 menit selama empat kali. Jenis olahraga mereka pun dibuat bervariasi mulai dari olahraga ringan, sedang, lebih intens, dan olahraga berat, seperti dilansir oleh Reuters, kemarin.

Setelah itu, para partisipan diminta untuk mengonsumsi minuman dengan asupan 267 kalori. Setelahnya mereka akan ditawari makanan untuk dimakan sampai mereka merasa kenyang. Diketahui bahwa pria yang melakukan olahraga berat mengonsumsi lebih sedikit kalori dibanding pria yang melakukan olahraga ringan.

Selain itu, orang yang melakukan olahraga berat juga mengonsumsi lebih sedikit makanan. Dibandingkan orang yang berolahraga ringan atau sekedar istirahat, orang yang melakukan olahraga berat mengonsumsi 200 kalori lebih sedikit. Tak hanya setelah berolahraga berat, keesokan harinya para partisipan yang melakukan olahraga berat juga masih mengonsumsi lebih sedikit kalori.(rep05)