Politik

Satpol PP Copot Bendera Partai Gerindra

PEKANBARU - 25 Personil Satpol PP Riau menertibkan alat peraga pasangan calon gubernur-wakil gubernur Riau serta umbul-umbul partai politik yang terpasang di jalan Sudirman, Rabu (3/7/2013) tanpa pandang bulu. Meskipun saat itu, DPC Partai Gerindra Kota Pekanbaru sedang mengadakan acara festival kuliner di halaman Gelanggang Remaja, Pekanbaru. Kegiatan itu langsung dihadiri ketua DPD Gerindra Riau Marwan Yohanis.

Melihat banyaknya bendera Gerindra yang terpasang di sepanjang jalan Sudirman, persisnya di sekitar Gelanggang Remaja langsung dicopot Satpol PP, sesuai arahan Bawaslu Riau. Sementara sejumlah kader partai itu hanya mampu memperhatikan petugas sedang mengumpulkan benderanya.

Namun, anggota Bawaslu Riau Rusidi Rusdan tetap mengunjungi Marwan Yohanis saat petugas terus beroperasi. Rusidi langsung menyalami Marwan Yohanis dan menjelaskan tujuannya mencopot bendera Genrindra.

"Kami sedang mengadakan penertiban alat peraga, termasuk bendera. Karena bendera Gerindta banyak terpasang di luar, maka kami copot dan kami pulangkan kepada Bapak. Tapi, kalau umbul-umbul berada di lokasi kegiatan yang bersifat tertutup tak masalah," ujar Rusidi kepada Marwan Yohanis dilansir goriau.com.

Mendengar hal tersebut Marwan pun tidak bisa berbuat banyak. Ia menyatakan persetujuannya dengan operasi penertiban yang dilakukan Bawaslu yang bekerjasama dengan Satpol PP.

"Kalau memang begitu aturannya gak masalah. Kami pun setuju dengan ketegasan Bawaslu menjalankan peraturan ini. Karena, kami belum tahu batasan-batasannya," jawab Marwan Yohanis.

Tidak lama kemudian, Rusidi meminta izin lalu melanjutkan penertiban bersama Satpol PP.(rep2)