Fokus Rohil

Warga Minta RPH di Pindahkan

Kadis Kebersihan Pasar dan Pertamanan Rohil, Drs Suwandi.

BAGANSIAPIAPI - Keberadaan Rumah Potong Hewan (RPH) Bagansiapi, tepatnya di Kelurahan Bagan Kota, Kecamatan Bangko mulai meresahkan warga sekitar. Pasalnya, RPH ini kerap menimbulkan bau tak sedap setiap beroperasi hingga warga meminta RPH untuk di pindahkan di lokasi yang jauh dari pemukiman warga.

Masyarakat setempat, khususnya yang berada di Jalan Sotong tempat lokasi RPH meminta pemerintah untuk memindahkan bagunan itu di lokasi yang jauh dari pemukiman warga.

Menanggapi keluhan warga, Kepala Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pasar, Suwandi S Sos, Rabu (3/7), berjanji, pihaknya segera merelokasi RPH tersebut. "RPH itu memang mau di pindahkan. Keluhan warga sudah kita sampaikan ke atasan (Bupati), semoga dalam waktu dekat akan di pindahkan," tegasnya.

Dirinya ependapat dengan warga, apalagi keberadaan RPH tersebut sudah membuat warga resah karena harus menghirup udara tak sedap setiap harinya akibat aktivitas RPH. "Harus kita akui, siapa yang betah setiap harinya menghirup bau yang tak sedap seperti itu,” sebut Suwandi memahami keluhan warga.

Disinggung mengenai rencana pemilihan lokasi baru RPH, Suwandi belum berani membeberkannya. "Mengenai tempat baru, kita akan mengusahakan agar jauh dari pemukiman warga, yang jelas bagaimana supaya warga merasa nyaman dan tidak terganggu lagi dengan aktivitas RPH," pungkasnya. (rep/01)