Fokus Rohil

Jalan Kecamatan akan Dilengkapi Rambu Lalulintas

ilustrasi

BAGANSIAPIAPI - Seluruh ruas jalan di 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Rokan Hilir, tahun 2014 mendatang bakal dilengkapi rambu lalulintas. Pemasangan rambu lalulintas meliputi larangan, perintah dan petunjuk bagi pengendara agar pengemudi taat aturan demi keselamatan.

"Kita sudah buat rute-rute jalan yang akan diberi rambu. Tahun depan baru akan kita kerjakan sesuai program yang ada," ujar Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Rohil, Sukma Alfalah, Jumat (28/6) lalu.

Dikatakannya, kebutuhan rambu lalulintas memang dirasa sangat mendesak. Pasalnya, belakangan masyarakat mulai resah akibat banyaknya pengendara yang ugal-ugalan akibat kurangnya kesadaran dalam berkendaraan. "Banyak masyarakat menjadi cemas, karena jalan-jalan di setiap kecamatan di lewati pengendara tak memikirkan dampak kecelakaannya. Ini akibat kurangnya tingkat kesadaran dalam berkendaraan," sebutnya.

Di samping itu, tanpa adanya rambu lalulintas, belakangan membuat jalan yang dibangun pemeritah cepat mengalami kerusakan. "Pemasangan rambu lalulintas atas usulan masyarakat melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang). Karena,  di ruas jalan kecamatan yang belum dipasang rambu lalulintas banyak terjadi pelanggaran hingga kecelakaan," ungkapnya.

Sebenarnya, lanjut Sukma, usulan ini mencuat sejak 2 tahun terakhir. "Sejak tahun 2012 lalu, masyarakat sudah meminta ini dilakukan. Tetapi baru akan kita kerjakan tahun 2014 mendatang. Kebutuhannya juga sudah dirasa sangat mendesak, ini prioritas kita tahun depan," sebutnya. (rep/01)