Optimalkan Layanan Kesehatan

Pemkab Akan Dirikan Puskesmas Pekaitan

Sekda Rohil Drs H Wan Amir Firdaus M Si meninjau RSUD DR Pratomo Bagansiapiapi baru-baru ini. (rep/01)



BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir akan mendirikan puskesmas di Kecamatan Pekaitan tahun ini. Pembangunan puskesmas bertujuan untuk meningkatkan layanan kesehatan bagi warga. Pembangunan sendiri melalui dana yang disiapkan Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Rohil tahun 2013 ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rohil, dr H Muhammad Junaidi Saleh M Kes membenarkan hal itu, Rabu (26/6). "Insya Allah, di tahun anggaran 2013 ini, kita segera bangun satu unit Puskesmas Pekaitan. Dengan adanya puskesmas itu nantinya diharapkan dapat memberikan pelayanan di bidang keseahatan kepada msyarakat di masa-masa mendatang," sebutnya.

Rencana pembangunan pukesmas di Kecamatan Pekaitan itu, lanjut Junaidi, kondisinya bakal sama dengan puskesmas di sejumlah daerah yang ada di wilayah Kabupaten Rohil. Salah satu diantaranya, puskesmas tersebut dilengkapi dengan sejumlah fasilitas sarana dan prasarana penunjang operasionalnya. Selain itu dilengkapi dengan ruangan rawat inap untuk memudahkn pemberian pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Kita sudah merencanakan membangun puskesmas yang memiliki ruang inap di semua daerah termasuk di Kecamatan Pekaitan itu. Seiring dengan itu, masalah ketersediaan dokter spesialis untuk ditempatkan di semua puskesmas, masih terus kita usahakan. Karena, jumlah tenaga dokter spesialis untuk wilayah Kabupaten Rohil masih terbatas. Makaya, kita coba juga mengagendakan masalah tenaga dokter spesialis itu," kata Junaidi.

Sementara, kegiatan pelayanan kesehatan untuk wilayah Kecamatan Pekaitan, sepenuhnya masih ditangani oleh pustu maupun polindes. Keberadaan Pustu dan Polindes di Kecamatan Pekaitan itu, ternyata masih berada di dalam wilayah kerja Puskesmas Bagansiapiapi. Alhasil, petugas Puskesmas Bagansiapiapi, memiliki jadwal berkala untuk datang berkunjung di wilayah Kecamatan Pekaitan dalam melakukan kegiatan di bidang kesehatan. Termasuk melakukan sosialisasi dan penyuluhan kepada masyarakat yang ada di Kecamatan Pekaitan itu. (rep/01)