Sosialita

Ingin Tahu Jadwal Bercinta yang Tepat, Ini Tipsnya!

ilustrasi

JAKARTA - Terkadang untuk mendapatkan hasil terbaik dalam mengupayakan sesuatu, setiap orang perlu mempertimbangkan faktor timing alias waktu. Begitu juga untuk urusan ranjang.

Biasanya waktu yang dianggap paling pas untuk bercinta adalah di masa subur yaitu masa dimana seorang wanita tengah berovulasi (di tengah siklus menstruasi, antara hari ke-11 sampai 21). Namun yang tak banyak disadari orang ada waktu-waktu tertentu lainnya yang dapat dimanfaatkan pasangan untuk bercinta seperti dikutip dari Womansday, Selasa (25/6/2013) berikut ini.

1. Inginkan orgasme yang luar biasa

Ini mungkin terdengar aneh tapi saat dimana Anda akan merasakan orgasme yang luar biasa sebenarnya terjadi satu hari sebelum Anda menstruasi. Hal ini dikemukakan Laurie Watson, seorang terapis seks dan konselor pasangan dari Raleigh, NC dan penulis buku Wanting Sex Again.

"Ketika akumulasi darah membuat rahim Anda terasa berat maka kontraksi akan lebih terasa selama terjadinya orgasme, dan jaringan labial serta klitoris cenderung menjadi lebih sensitif ketika Anda menahan cairan," terang Watson.

Untuk itu, Watson menyarankan agar Anda mencoba bercinta menjelang menstruasi, bahkan ketika Anda tengah sensitif dan merasa tak nyaman karena bisa jadi aktivitas seksual itu akan membuat Anda bahagia nantinya.

2. Ingin bercinta lebih lama

Pasangan bisa bercinta dengan durasi yang lebih lama, terutama saat liburan seperti Tahun Baru atau tengah cuti. "Ketika Anda tak punya beban pekerjaan dan menghabiskan banyak waktu dengan pasangan maka lebih mudah bagi Anda dan si dia untuk mendapatkan durasi seks yang lama dan tak tergesa-gesa," ungkap Terence Watts, seorang psikoterapis yang berbasis di UK dan memiliki spesialisasi di bidang masalah psikoseksual.

Menurut Watts, kuncinya adalah memulainya secara perlahan-lahan. Misalnya dengan flirting pada suami di pagi hari sambil berbisik di telinganya atau kemudian membuat banyak kontak mata dengannya ketika makan.

3. Ingin membuat suami tergila-gila

Kata Amy Levine, seorang pakar seksologi yang berbasis di New York City dan pendiri IgniteYourPleasure.com, pria biasanya terbangun dari tidur dalam keadaan ereksi.

"Jadi daripada memintanya menunggu seharian, pasang alarm Anda 10 menit lebih awal di hari kerja dan lakukan seks kilat dengannya di pagi hari. Anda mungkin akan menyukainya juga," tambah Levine.

Apalagi menurut Watson, seiring dengan bertambahnya usia wanita, mereka cenderung jadi lebih cepat capek di malam hari, jadi seks di malam hari jadi kurang diinginkan oleh wanita. Lagipula Anda akan memiliki lebih banyak energi saat bercinta di pagi hari ketimbang di malam hari.

4. Ingin meredakan nyeri

"Jika Anda tak mudah jijik, bercinta di masa menstruasi dapat mengurangi kram yang terasa tak nyaman," tandas Levine.

Tampaknya hal ini karena orgasme menyebabkan kontraksi rahim yang dapat meredakan rasa nyeri (akibat haid) dan pada waktu yang bersamaan tubuh akan melepaskan hormon oksitosin serta neurotransmitter dopamine yang membuat Anda merasa bahagia dan rileks.

5. Ingin merasa percaya diri di atas ranjang

Kalau Anda ingin merasa percaya diri di atas ranjang, bercintalah usai berolahraga dan mengeluarkan banyak keringat. Sebuah studi dari University of Florida menemukan bahwa orang-orang yang berolahraga akan merasakan kepercayaan diri pada tubuh yang tinggi, meski Anda tak merasakan hasil dari olahraga itu sendiri, misalnya penambahan kekuatan, daya tahan atau kebugaran.

Peningkatan kepercayaan ini akan membuat Anda merasa lebih bebas bereksperimen di atas ranjang, bahkan hal ini diklaim membuat Anda berani melakukannya dalam keadaan lampu menyala.

6. Ingin merasakan seks gila-gilaan dan tanpa batas

"Rencanakan untuk melakukan aktivitas seksual satu-dua kali dalam setahun seperti di musim panas, karena bisa memberi Anda kesempatan untuk melakukannya di luar rumah, misalnya di pekarangan belakang atau atap," ungkap Levine.

Menurut Levine, menginginkan seks di luar rumah (outdoor) juga menunjukkan kesiapan pasangan untuk meninggalkan zona nyamannya. "Apalagi sinar matahari akan meningkatkan kadar serotonin di dalam otak, sehingga mood membaik dan membuat Anda bisa lebih enjoy dengan diri Anda sendiri," terang Tammy Nelson, Ph.D., seorang pakar seks dan hubungan dari New Haven, CT dan penulis buku Getting the Sex You Want.

7. Saat terlalu sibuk dengan pekerjaan

Jadwalkan kencan di akhir pekan ketika Anda dan si dia sedang tak memiliki komitmen dengan pekerjaan dan tidak kelelahan. Bahkan Anda tak perlu keluar rumah. Nyalakan musik yang mellow, dan ajak suami berduaan.

Jika anak sudah hadir di tengah keluarga, mintalah tolong kepada teman atau saudara untuk menjaga anak-anak atau mengajak anak-anak keluar rumah. Yang jelas semakin romantis dan rileks 'lingkungan' yang Anda persiapkan untuk aktivitas intim berdua di akhir pekan itu, maka bisa dipastikan seks yang Anda dapatkan akan terasa semakin luar biasa.

"Fokuskan pada kualitas, bukan semata kuantitas," rekomendasi Watts.

8. Ingin seks spontan atau di luar rutinitas

Semakin lama usia pernikahan Anda, semakin sulit untuk menjadi kreatif di atas ranjang. Pasangan pun lama-lama akan bosan bila diajak bercinta dengan posisi yang itu-itu saja dan di waktu yang sama setiap minggunya.

Untuk menyemarakkan kehidupan seksual, Levine menyarankan di hari-hari tertentu cobalah nyalakan alarm agar Anda bisa terbangun jam 3 pagi dan mintalah si dia bercinta dengan Anda. Suami pasti takkan menolak jika Anda membangunkannya untuk itu. (rep/01)