Fokus Rohil

Bazar Bakar Tongkang Diserbu Konsumen

Bupati Rokan Hilir H Annas Maamun sedang berdialog dengan pedagang toko Mas dan meminta semua toko untuk berbenah dalam menyambut Bakar Tongkang.


BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir yang menyediakan lokasi bazar dalam memeriahkan Bakar Tongkang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Lokasi yang terletak di areal taman kota ini tak ada habisnya dari aktivitas jual beli oleh pengunjung baik lokal maupun manca negara.

Bahkan, sepekan sebelum Bakar Tongkang dimulai, Senin (24/6) lusa, lokasi bazar menjadi taman belanja dadakan dengan menawarkan berbagai jenis kebutuhan. "Kegiatan ini memang kerap mengisi acara Bakar Tongkang. Ternyata bazar justru mendatangkan rezeki tersendiri bagi para pedagang, pengunjungnya juga dari luar negeri yang telah lebih dahulu berada di Bagansiapiapi sambil menunggu ritual Bakar Tongkang," ujar Bupati Rohil, H Annas Maamun, Kamis (20/6).

Diharpkannya, semua pedagang bazar di Bagansiapiapi diminta untuk tidak mengambil keuntungan pribadi agar para pengunjung tetap mengingat kesan baik selama berada di daerah itu. "Pedagang harus menjaga nama baik daerah, apalagi mereka telah kita sediakan lokasi berjualan di sepanjang jalan di areal taman kota. Ada ratusan pedagang yang tertolong dari agenda rutinan ini," tambah Annas.

Diterangkannya, semua produk andalan Rohil ditampilkan dalam bazar, mulai makanan dan kerajinan khas Bagansiapiapi terpampang disepanjang lapak pedagang. "Termasuk rumah makan dan penginapan ikut menikmati rezeki dari Bakar Tongkang. Yang terpenting, masyarakat dapat memanfaatkan moment ini dengan mengeluarkan segala potensinya untuk meraup rezeki dengan cara-cara yang baik," pintanya. (rep/01)